Beranda Praya Metro Pengganti Senang Haris Mulai Dirembukkan

Pengganti Senang Haris Mulai Dirembukkan

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA MELINTAS: Salah Seorang pengendara melintas di depan kantor Desa Beleka, kemarin.

BPD Siapkan Panitia PAW

PRATIM—Kades Beleka nonaktif, Senang Haris sudah mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Senang memilih menjadi Calon Legeslatif (Caleg) Lombok Tengah. Posisi jabatan Kades Beleka pun dijabat oleh salah satu staf dari kantor Camat Praya Timur. Namun karena jabatan kades devinitif masih lama, BPD setempat bakal menggelar pemilihan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW). Pemilihan ini pun saat ini dalam tahap proses.
“Kami sudah musyawarah pertama untuk membentuk panitia. Tinggal menunggu tindaklanjutnya,” ungkap Ketua BPD Beleka, H Ijim Pratama, kemain.
Pada musyawarah perdana itu kata Ijim, selain menentukan panitia, juga membahas mengenai syarat calon, jadwal proses PAW dan proses lainnya.
“Saat ini hingga Senin besok pada tahapan penjaringan atau pendaftaran calon Kades PAW oleh panitia. Sedangkan Kamis (13/12) akan ditetapkan nama-nama calon. Kemudian Sabtu (15/12) dilakukan musyawarah kedua untuk menentukan Kades PAW,” paparnya.
Terkait mekanisme penentuan cara penetapan Kades, akan dibahas dalam forum tersebut. Apakah nantinya akan melalui musyawarah untuk aklamasi atau melalui voting. Artinya, jika Kades PAW ditetapkan melalui musyawarah, maka pada hari itu akan langsung ditetapkan. Akan tetapi, jika sebagian besar peserta musyawarah menginginkan agar ditentukan melalui voting, maka akan dilakukan Rabu (19/12) mendatang.
“Tapi kami bersama perwakilan masing-masing dusun nanti akan upayakan agar ditentukan melalui musyawarah itu,” terangnya.
Namun jika voting dipilih, panitia akan mengundang lima perwakilan dusun dari 27 dusun yang ada, termasuk kepala dusun. Sehinggga, yang memiliki hak suara pemilihan untuk voting yakni 135 orang.
Sementara Penjabat Kades Sementara (Pjs) Desa Beleka, Lalu Ramdan menambahkan, selaku Pjs, dirinya menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan penetapan Kades melalui PAW kepada BPD. Sebab, sesuai regulasi, hal tersebut merupakan kewenangan BPD. Jika jabatan Kades devinitif lowong di atas satu tahun dan jabatan Kades dijabat oleh Pjs, maka PAW boleh dilakukan.
“Kan batas Pjs maksimal enam bulan. Makanya alangkah baiknya memang harus dilakukan PAW,” ujar staf bagian keuangan di Kantor Camat Praya Timur itu. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here