Beranda Lombok Barat Pembebasan Lahan Tuntas April 2019

Pembebasan Lahan Tuntas April 2019

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Joko Wiratno

LOBAR —Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menargetkan, pembebasan lahan proyek bendungan Meninting rampung April 2019. Kepala Badan Pengelolaan Kauangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lobar, Joko Wiratno mengaku, pihaknya masih menunggu peta bidang lahan yang tengah dikerjakan provinsi. Yakni Badan Pertanahan Nasional (BPN), maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Menurut Joko, dalam pengerjaan peta bidang tersebut terdapat tiga komponen penilaian. Seperti luas lahan, jumlah pohon yang berada di atas lahan itu, dan bangunan. “Setelah ketiga komponen disatukan, menjadi bahan kita lelang untuk appraisal. Kemudian lembaga appraisalnya dilelang, pemenangnya itu yang menilainya,” jelas Joko, kemarin.
Proses lelang diperkirakan butuh waktu sekitar sebulan. Usai pelelangan dan penafsiran harga oleh jasa appraisal, barulah dilakukan pembayaran ganti rugi lahan oleh pemerintah pusat. “Begitu cair appresial, kita harapkan bulan April 2019 sudah mulai fisik,” sambungnya.
Terkait permintaan warga untuk disediakannya lahan relokasi baru, menurut Joko, hal itu bisa saja dilakukan. Hanya saja akan sulit menyesuaikan dengan keinginan masyarakat, mengenai lokasi relokasi yang ingin ditempati. Jika direlokasi, pihaknya harus kembali melakukan appraisal untuk lahan yang akan dibeli. “Itu akan dua kali kerja dan akan lama,” imbuhnya.
Pemkab pun lebih memilih untuk mengganti rugi lahan masyarakat. nantinya masyarakat bisa mencari sendiri lokasi untuk tempat tinggal barunya. “Lebih baik kita ganti rugi dengan uang. Apakah mau menetap di lokasi bersama-sama, mereka yang menentukan. Karena menghadapi keinginan beda-beda itu berat,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here