Beranda Praya Metro Komitmen Desa dan Kabupaten Penting

Komitmen Desa dan Kabupaten Penting

BERBAGI

PRAYA —Fasilatator Nasional Sekolah Ramah Anak (SRA) Loteng, Halil Subagiono mengajak semua pemerintah desa, khususnya bagi desa yang menggaungkan desa layak anak lebih memperhatikan kebutuhan, aspirasi dan program yang berkepentingan bagi anak. Selain itu Pemdes juga diingatkan agar menjamin hak anak mendapatkan pendidikan dan hak asuh yang layak dari orang tua, serta dijamin perlindungan terhadap anak jika terjadi kekerasan. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) nomor 11 tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.
“Tapi untuk mewujudkannya, kita perlu dukungan pemangku kebijakan di desa dan kelurahan,” ujarnya.
Deklarasi layak anak di Loteng sendiri kata Halil, sudah dilakukan 15 April 2018 lalu. Dari itu, Dinas P3A Loteng mesti menjadi garda terdepan dalam mengawal dan mengupayakan program-program yang dapat mendukung hal tersebut bisa terealisasi.
Di sisi lain, dukungan dari Pemkab Loteng juga tak kalah penting. Sehingga desa maupun kelurahan layak anak segera mempromosikan program dan menjelaskan indikator kabupaten layak anak tersebut.
“Kerjasama leading sektor sangat kita butuhkan. Kita tidak bisa bekerja sendiri,” tandasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here