Beranda Lombok Timur FKKD Ancam Tak Kukuhkan Perangkat Desa

FKKD Ancam Tak Kukuhkan Perangkat Desa

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Heri Fathullah

LOTIM – Forum Kepala Desa (FKKD) Lombok Timur (Lotim) mengancam tidak akan mengukuhkan perangkat yang sedang dalam proses penjaringan dan penyaringan saat ini. Sampai revisi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) nomor 3 tahun 2016 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa selesai. “Tinggal eksekutif dan legislatif seberapa cepat menyelesaikan revisi Raperda 3 tahun 2016 itu,” tegas Ketua FKKD Lotim, Heri Fathullah, pada Radar Mandalika, kemarin.

Ia menjelaskan, surat edaran sampai tanggal 15 Desember itu bukan berkaitan dengan batas waktu penjaringan dan penyaringan serta pengukuhan perangkat desa. Melainkan batas waktu penetapan Peraturan Desa (Perdes) tentang Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) pemerintahan desa. “Kita tunggu saja revisi Perda itu tuntas dulu. Toh perangkat yang ada sekarang ini, tidak akan mengganggu jalannya kegiatan pemerintahan desa,” tegasnya lagi.
Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lotim, HM Juaini Taofik mengatakan, pengukuhan dan penjaringan perangkat desa bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan desa berjalan baik. Apalagi, akan memasuki pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019.
Sebanyak 50 desa lebih sudah melakukan penjaringan dan penyaringan, sekaligus pengukuhan. Bahkan kemarin, terdapat tiga lokasi pengukuhan. Kemudian 20 desa lebih sedang melakukan penjaringan dan penyaringan. “Ya kita hargai apa yang menjadi aspirasi para Kades. Dan Lenek Baru, salah satu desa yang sudah mengukuhkan perangkatnya,” kata Juaini. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here