Beranda Headline Dewan Minta pemerintah Jemput Bola

Dewan Minta pemerintah Jemput Bola

BERBAGI

Kasus yang Melilit TKI Zainul Watoni di Malaysia 

MATARAM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) angkat bicara terkait TKI Ilegal asal Lombok Tengah yang sampai saat ini, belum bisa diterima informasinya lebih detail dari Balai Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Mataram.
Wakil Komisi V DPRD NTB, HMNS Kasdiono meminta agar BP3TKI Mataram lebih proaktif menjemput informasi agar publik dan keluarga khususnya lebih mengetahui apa sebetulnya yang terjadi dengan Zainul Watoni. Mereka harus mengetahui penyebab kenapa dia sampai membunuh.
Kasdiono mengatakan, meski statusnya ilegal tetapi Zainul tetap menjadi bagian dari Warga Negara Indonesia (WNI), sehingga perlu mendapatkan perlindungan. Dalam kasus ini, kata politisi Demokrat itu koordinasi lintas sektor penting dilakukan agar informasi bisa cepat diterima. Untuk urusan hukum diakuinya pihaknya memang tidak bisa intervensi tetapi dukungan adanya informasi yang jelas tentu akan menjadi acuan serta referensi bersama.
Dalam masalah ini, Komisi V tidak saja meminta BP3TKI Mataram lebih giat kerja melainkan juga dinas tenaga kerja. Langkah daerah sangat dibutuhkan apalagi kepemimpinan Zul Rohmi kata dia, sangat terlihat ingin betul-betul menyelesaikan masalah TKI ini.
Sayangnya sampai saat ini, pihaknya belum melihat langkah ril pemerintah daerah khususnya untuk menyikapi masalah Zainul yang terancam dihukum sampai mati lantaran diduga membunuh warga Malaysia 4 November lalu.
“Kalau bersikap tidak mau jemput bola itu salah. Dia harus pro aktif mencari informasi,” sentil Kas.
Katanya, dengan status Zainul yang masuk ke Negeri Jiran dengan ilegal itu pertanda daerah telah kecolongan padahal dari dulu daerah dan semua pihak sangat mewanti wantikan adanya masalah yang menyeret warga NTB yang menjadi TKI.
“Kita ini kecolongan,” katanya.

Menyikapi masalah TKI kata dia, dewan berharap agar ada satu forum khusus yang dilakukan daerah. Semua pihak harus duduk bersama mengupas tuntas masalah TKI itu jika tidak maka jangan berharap masalah TKI ini bisa selesai di NTB.
“Kami dorong daerah harus duduk bareng,” ujarnya. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here