Beranda Headline Sepakat, Kateng Gelar Pilkades Ulang

Sepakat, Kateng Gelar Pilkades Ulang

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA BERSALAMAN: Kepala DPMD Loteng, H Jalaludin bersama Kabag Hukum Setda Loteng, H Mutawali bersalaman dengan panitia Pilkades, BPD, dan Kadus Desa Kateng usai memimpin musyawarah penyelesaian sengketa Pilkades Kateng di Aula DPMD Loteng, kemarin.

PRAYA —Sebanyak 19 kepala dusun di Desa Kateng, para anggota BPD, dan panitia Pilkades desa setempat menghadiri undangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, kemarin. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelesaikan polemik Pilkades Kateng yang sempat memanas beberapa waktu terakhir.
Kepala DPMD Loteng, H Jalaludin mengatakan, terkait hasil Pilkades Kateng memang pihaknya belum bisa mengambil keputusan sepihak. Dari itu, DPMD bersama Bupati, Wabup, dan Sekda hanya bisa merekomendasikan adanya pemilihan ulang.
“Ini opsi yang kami tawarkan. Tapi dengan catatan, saling percaya dan kita bisa kawal dan sukseskan Pilkades ini,” tegasnya.
Sebab jika polemik terus terjadi kata Jalal, namun tidak ada kades definitif, maka yang rugi dan malu adalah masyarakat. Sehingga sebagai pembelajaran politik yang baik, masyarakat harus bisa memberikan keteladan kepada generasi selanjutnya dan tidak mau diadu domba.
“Siapapun yang terpilih, jangan sampai kita tidak saling percaya. Semua kita dalam satu desa saudara dalam satu wilayah, sehingga bisa berjalan proses pemerintahan di desa dengan baik,” ajaknya.
Ia menambahkan, imbas polemik Pilkades Ketng sendiri terganggunya Kamtibmas dan aktivitasnya sehari-hari. Baik dalam proses pengurusan segala administrasi kependudukan dan beragam pelayanan kepada masyarakat.
“Itu yang kita tidak inginkan, makanya harus ada opsi,” jelasnya.
Untuk diketahui, pelaksanaan Pilkades Kateng ditetapkan pada 17 Desember mendatang dan dilakukan di 13 TPS yang ada di Desa Kateng. Kemudian terkait panitia Pilkades, ia mengajak kepada BPD untuk merumuskan apakah akan ada pergantian panitia atau menggunakan jasa panitia lama.
“Senin pagi saya sudah terima nama-nama panitia Pilkades dari BPD. Mohon ini dikawal agar Pilkades di desa kita ini bisa kondusif seperti desa lainnya,” serunya.
Kadus Bombas, L Moh Faesal mewakili masyarakat dalam kesempatan itu pun mengucapkan terima kasih kepada panitia Pilkades kabupaten yang memberikan solusi penyelesaian polemik di desanya. Sepanjang kebijakan ini berjalan, ia berharap BPD nantinya bisa menyampaikan, menjelaskan, dan memberi pandangan ke masyarakat dan semua calon Kepala Desa agar bisa legowo menyelesaikan polemik Pilkades.
Di tempat sama, Ketua Panitia Pilkades Kateng, L Akorri Zaki mengaku menerima hasil putusan panita Pilkades kabupeten tersebut. Meski begitu, panitia lama diharapkan bisa ambil bagian bersama BPD guna mengawal pesta demokrasi di desa setempat.
“Penunjukkan Ketua Panitia Pilkades tentu butuh pertimbangan matang. Jadi mari kita saling rangkul, saling mempercayai, dan tidak mencela panitia yang menjalankan tugas nantinya,” ajaknya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here