Beranda Mataram PUPR Janji Bulan Ini Penertiban Bangunan

PUPR Janji Bulan Ini Penertiban Bangunan

BERBAGI

MATARAM —Setelah membongkar bangunan yang melanggar di Jalan Cilinaya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram menjanjikan menertibkan bangunan di Jalan Bung Karno, dan Bung Hatta. Sejak direncanakan bulan Oktober lalu, hingga sekarang belum jelas kapan penertiban itu akan dilaksanakan.
Saat ditanya wartawan, Kepala Dinas PUPR Kota Mataram H Mahmudin Tura mengaku, bulan ini harus dilakukan penertiban. “Kita harus turun sebelum berakhirnya tahun 2018,” kata Mahmudin.
Mahmudin berdalih, OPD yang dipimpinnya memiliki banyak kegiatan lain yang juga harus dituntaskan. Sehingga rencana penertiban bangunan terus molor.
Sebelum tim penertiban turun, Mahmudin menyebut jika banyak juga pemilik bangunan yang membongkar sendiri. Terkecuali adanya toko yang belum diketahui dimana pemiliknya. “Kita sudah kasih teguran. Ada yang nggak tahu di mana pemiliknya, bingung juga kemana ksih surat tegurannya,” imbuhnya.
Sebelumnya direncanakan penertiban dilakukan terhadap toko-toko yang memiliki atap tambahan menggunakan tiang di bagian depan bangunan. Sehingga menggunakan fasilitas umum, seperti tempat parkir. Lokasi yang akan ditertibkan berada di Jalan Bung Karno, dan Bung Hatta. “Target tuntas di sini (Jalan Cilinaya), baru pindah,” tegasnya.
Hasil pendataan, terdapat 50an bangunan yang melanggar. Namun ada yang sudah membongkar sendiri. “Tinggal sedikit yang belum. Semua sudah kita surati dari tahun 2017,” imbuhnya.
Dinas PUPR juga sudah mengantongi lokasi penertiban selanjutnya adalah di kawasan bisnis Cakranegara. Mengingat kawasan Cakranegara sudah ditata Satker PBL, namun faktanya belum sesuai keinginan. Terutama soal parkir. “Toko-toko masih pakai trotoar untuk parkir. Itu yang akan ditertibkan,” sebutnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here