Beranda Lombok Barat Prioritaskan Sertifikat Tanah Korban Gempa

Prioritaskan Sertifikat Tanah Korban Gempa

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Sofyan Djalil

LOBAR —Badan Pertanahan Nasional (BPN) berjanji memprioritaskan pembuatan sertifikat tanah korban gempa. Hal itu disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil usai menghadiri pembagian sertifikat tanah gratis bagi masyarakat di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, kemarin. Pembuatan sertifikat itu akan dilakukan pada 2019 mendatang. “Seluruh tanah yang terkena gempa akan kita sertifikatkan kembali, kalau hilang sertifikatnya,” ujarnya.
Tentunya, pembuatan sertifikat itu sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Termasuk dengan menunjukkan bukti jika tanah tersebut benar milik korban gempa. “Nanti kita juga akan lakukan pendataan lahan milik korban gempa,” jelasnya.
Pihaknya menargetkan. pensertifikatan tanah korban gempa rampung pada tahun 2021. Untuk seluruh korban gempa di NTB. Hal ini akan berlaku juga bagikorban gempa yang memang belum memiliki sertifikat tanah. Namun benar memiliki tanah tersebut. “Melalui program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap), seluruh tanah akan kita sertifikatkan. Asal tidak bersengketa dan mereka punya bukti, akan disertifikatkan,” tegasnya.
Mengenai program PTSL, Sofyan mengaku jika Kementerian ATR menargetkan pensertifikatan 170 ribu lahan di NTB pada tahun 2018. Khusus Lobar sebanyak 125 ribu tanah milik masyarakat. Sampai saat ini sudah terealisasi sebanyak 2.156 lahan. Sisanya masih akan berlanjut hingga tahun 2021 mendatang. “Yang belum dapat sertifikat tahun ini, Insya Allah tahun depan melalui program yang sama,” imbuhnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here