Beranda Headline Giliran Eselon IV Dirotasi Bupati

Giliran Eselon IV Dirotasi Bupati

BERBAGI
MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA PELANTIKAN: Bupati Lotim saat melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan pejabat administrator dan pengawas eselon III dan IV, kemarin.

LOTIM – Bupati Lombok Timur (Lotim) HM Sukiman Azmy melakukan rotasi para pembantunya. Kali ini, yang dirotasi adalah pejabat eselon III dan IV dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Puskesmas, Unit Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), pejabat yang berkantor di Kantor Camat, serta kepala UPT penyuluh pertanian dan lainnya. Jumlah eselon III dan IV, baik pejabat administrator dan pengawas sebanyak 77 orang. Pelantikan dilakukan Bupati di Ballroom kantor Bupati, kemarin.
Bupati Lotim HM Sukiman Azmy mengatakan, sebagian besar di antara personel yang dilantik adalah yang mengabdi pada bidang kesehatan masyarakat, bidang pendidikan, bidang pertanian serta peternakan.
Tiga komponen itu disebutnya adalah komponen pokok yang harus dibenahi dan ditingkatkan, guna mencapai kesejahteraan masyarakat Lotim. Seperti yang disosialisasikan dahulu, bahwa kedepan pembangunan harus berdasarkan keadilan, kesejahteraan dan keamanan. “Tiga komponen pejabat yang dilantik, dominan adalah untuk mengemban tugas mewujudkan masyarakat yang adil, sejahtera dan aman,” tandas Sukiman.
Ia menjelaskan, bidang kesehatan perlu ditingkatkan lagi. Banyak masyarakat katagori miskin belum punya Jaminan Kesehatan Sosial (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sebagai gantinya, sudah diterbitkan kebijakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Itu menjadi urusan para kepala Puskesmas, bergerak lebih intensif lagi, dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.
Demikian juga bidang pendidikan. Lotim disebutnya ketinggalan jauh dibandingkan kabupaten lain. Ketinggalan dengan daerah lain tidak saja di bidang pendidikan, tetapi juga kesehatan. Selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) terutama Unit Dikbud, tugasnya memfasilitasi pengawas dan guru, manakala ada masalah.
Ia ingin tak ada lagi anak-anak yang putus sekolah. Karena bidang pendidikan dan kesehatan, salah satu unsur peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sehingga pendidikan harus ditingkatkan sebaik-baiknya. “Saya harap dari pelantikan ini, ada semangat baru dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan di Lombok Timur. Banyak hal inovasi bisa dilakukan,” tegasnya.
Lebih jauh penjelasan Sukiman, salah satu komponen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah aspek pertanian, penyuluh pertanian dan peternakan. Harapannya, tiga komponen tersebut dapat benar-benar melaksanakan tugas sebaik-baiknya.
“Cari masalah yang ada di masyarakat dan rundingkan untuk mencari solusinya,” ujarnya.
Kalau masalah itu tidak bisa selesai, baru dikomunikasikan di tingkat atas untuk dibahas bersama. Maka masalah akan teridentifikasi dan bisa menemukan solusi untuk diambil. “Dengan prestasi, dedikasi, loyalitas dan sikap perilaku tak tercela, maka karir akan lebih baik,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here