Beranda Headline 402 Personel Loreng Dilatih Uji Siap Tempur

402 Personel Loreng Dilatih Uji Siap Tempur

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA LATIHAN: Pasukan loreng yang akan dilatih sebanyak 402 orang, kemarin.

MATARAM – Dalam rangka menguji kemampuan tempur satuan tingkat Kompi Yonif 742/SWY, Korem 162/WB menggelar latihan uji siap tempur tingkat kompi, kemarin. Pelatihan di Lapangan Yonif 742/SWY Gebang Mataram.
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, yang langsung membuka secara resmi latihan Uji Siap Tempur tingkat kompi Yonif 742/SWY yang melibatkan sekitar 402 personel, latihan akan dilaksaanakan di daerah Lembar Komplek, Polopok Komplek dan Jelateng Komplek Kecamatan Lembar Lombok Barat, dengan berbagai materi latihan yang merupakan lanjutan dari latihan sebelumnya yang telah terprogram sesuai program latihan standarisasi satuan batalyon Infanteri.
Danrem menyampaikan, Batalyon Infanteri 742/SWY merupakan satuan tempur dibawah Korem 162/WB yang senantiasa dituntut untuk selalu siap digerakkan dalam rangka kontijensi yang terjadi di wilayah NTB maupun di seluruh wilayah NKRI.
Guna mendukung keberhasilan tugas pokok tersebut lanjutnya, maka diperlukan kemampuan yang handal baik perorangan maupun satuan melalui latihan secara terprogram dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.
Pada tahapan latihan Uji Siap Tempur Tingkat Kompi kali ini, para peserta akan melakukan latihan taktik militer Kompi Senapan dalam Operasi Lawan Insurjen.
Dijelaskannya, tujuan dilaksanakannya latihan ini untuk memperoleh data tingkat kesiapan tempur satuan pada Tingkat Kompi yang terukur sebagai hasil pembinaan latihan serta diperolehnya data kemampuan satuan dalam penyelenggaraan latihan pada tahap selanjutnya.
Sementara itu materi yang akan diujikan pada latihan kali ini meliputi Lawan penghadangan kendaraan, Lawan Penghadangan jalan kaki, Patroli keamanan (Pencarian dan pembersihan), Pelingkaran (Serbu Sekat) dan Sermukim.

Lebih jauh Danrem menyampaikan, setiap Prajurit Yonif 742/SWY dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dan disiplin serta memiliki motivasi yang tinggi, sehingga mampu mengoptimalkan aplikasi doktrin, teknik dan taktik bertempur dengan persenjataan yang dimiliki, meningkatkan kualitas individu sesuai tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sesuai tantangan zaman yang dihadapi.
Orang nomor satu di jajaran Korem tersebut berharap, agar latihan ini dilaksanakan dengan riang gembira, senang hati dan penuh semangat namun tetap mengedepankan faktor keamanan sebagai salah satu syarat suksesnya suatu latihan sehingga pelaksanaannya berjalan aman, tertib dan lancar serta realistis sesuai tujuan dan sasaran latihan.

“Kepada para pendukung latihan, agar maksimal melaksanakan tugasnya baik pengawas, pelatih, Bulsi maupun pendukung lainnya dengan harapan tujuan tercapainya sasaran latihan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori, Para Kasi Korem, Dandim Sepulau Lombok, Danyonif 742/SWY, Dan/Ka/Pa Satdisjan jajaran Korem 162/WB.
Setelah Upacara Pembukaan, seluruh peserta latihan melanjutkan kegiatan sesuai dengan jadwal latihan sambil menunggu waktu pemberian Perintah operasi (PO) Danyonif 742/SWY Kepada Para Danki terkait tugas pokok yang akan dilaksanakan sesuai materi latihan yang akan diujikan. (r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here