Beranda Praya Metro Warga Batujai Perbaiki Tanggul Rusak

Warga Batujai Perbaiki Tanggul Rusak

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA MEMBERSIHKAN: Sejumlah warga Desa Batujai saat membersihkan saluran irigasi di sejumlah titik irigasi desa setempat, kemarin.

PRABAR —Puluhan warga Desa Batujai yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) melakukan kerja bakti membersihkan saluran irigasi desa setempat, kemarin.
Ketua IP3A Desa Batujai, Lalu Wirama mengatakan, perbaikan tanggul dan pengangkatan sedimentasi ini harus dilakukan para petani. Sebab jika tidak, bakal mengakibatkan terganggunya mobiltas air dari hulu ke hilir yang berdampak pada penurunan debit air.
“Kerja bakti ini didasarkan pada kesadaran masyarakat mengenai pentingnya bekerjasama dalam menjaga dan memelihara saluran irigasi yang ada pada Wilayah Daerah Irigasi (DI) Batujai,” jelasnya.
Di tempat sama, salah satu Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Program ISAI-IPDMIP di bawah Bappeda NTB, Hadi Wijaya mengungkapkan, daerah irigasi Batujai ini memiliki luas area 3.389,58 hektare lahan yang harus diairi. Sehingga, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif masyarakat dalam melakukan kerja bakti secara partisipatif dan swadaya ini.
“Kami selaku pendamping bertugas memfasilitasi kegiatan ini dengan cara berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BWS NT1, Bappeda NTB dan aparat desa,” ungkapnya.
Ia menambahkan, program ini sasarannya IP3A di bawah koordinasi Dinas PU di bidang pengairan, dan berbeda dengan kelompok tani di bawah binaan Dinas Pertanian. Sehingga koordinasi di bidang pengairan dimatangkan pihak Bappeda dan PU selaku leading sektor untuk eksekusi program.
“Berkat kerjasama yg baik antar pendamping dan masyarakat petani, program ISAI-IPDMIP tahap pertama ini dapat dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here