Beranda Headline TNGR Segera Tuntaskan Sengketa Otak Kokok Joben

TNGR Segera Tuntaskan Sengketa Otak Kokok Joben

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA SENGKETA: Inilah Otak Kokok Joben yang masih status sengketa kepemilikan antara BTNGR NTB dengan Pemda Lotim.

LOTIM – Masa pemerintahan sebelumnya, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) NTB sudah berupaya duduk bersama menyelesaikan sengketa kepemilikan Otak Kokok Joben Kecamatan Montong Gading Lombok Timur (Lotim). Namun, hasilnya selalu buntu. Masa pemerintahan Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, BTNGR NTB mencoba kembali membangun komunikasi dengan pemerintahan saat ini. “Alhamdulillah, pembicaraan sudah bagus di tingkat bawah. Koordinasi dengan Bappeda juga sudah kita lakukan, dan sangat welcome,” kata H Sudiyono, Kepala BTNGR NTB kepada Radar Mandalika, kemarin.
“Tapi untuk bersurat duduk bersama dengan Bupati, belum kita lakukan. Masih kita komunikasi dangan jajarannya. Secara perlahan, kita akan bahas masalah itu,” tambah Sudiyono.
Beberapa waktu lalu ucap Sudiyono, pihaknya pernah bersurat pada Pemda Lotim untuk mengirimkan dua orang stafnya mengikuti BTNGR studi banding ke Sulawesi Selatan. Studi banding itu, kaitan dengan contoh kerjasama dan pengelolaan pariwisata. Disyukurinya, Pemda Lotim mengirim dua stafnya untuk ikut studi banding tersebut.
“Wisata ini tidak bisa kita kelola sendiri, melainkan harus sama-sama dengan Pemda. Alhamdulilah, dengan provinsi kami sudah dapat undangan tentang sinkronisasi pengembangan wisata di Lotim,” tandasnya seraya berharap dalam pengembangan pariwisata TNGR bisa satu visi.
Memang ujarnya lebih jauh, sampai saat ini BTNGR belum bisa menarik Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Otak Kokok Joben. Akan tetapi, keterbukaan pemerintahan sekarang ini diharapkannya bisa menjadi pintu utama terbangunnya kerjasama yang baik, dengan BTNGR. “Secara perlahan nanti kita akan bahas masalah Otak Kokok Joben, terutama seperti apa kerjasama kita nanti. Termasuk masalah PNBP, juga akan menjadi pembicaraan kita kedepan,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here