Beranda Praya Metro Wabup Bagikan 27 Ribu Sertifikat Gratis

Wabup Bagikan 27 Ribu Sertifikat Gratis

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA SIMBOLIS: Wakil Bupati HL Pathul Bahri bersama pejabat BPN saat membagikan sertifikat gratis di Becingah Adiguna Praya, kemarin.

PRAYA —Wakil Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri membagikan sebanyak 2.700 sertifikat tanah gratis kepada warga dari 25 desa di Bencingah Adiguna Praya, kemarin. Pembagian sertifikat gratis ini, merupakan salah satu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau biasa dikenal Prona.

Pathul Bahri menyampaikan, pihaknya sangat apresiasi program ini. Sebab, dengan program tersebut sangat membantu masyarakat. “Program Presiden ini sangat besar dampaknya. Warga bisa mencairkan menjadi uang modal usaha bila mereka mau buat usaha,” katanya.
Program ini sangat tepat dengan hajatan Pemkab Loteng. Dimana, dengan sertifikat atau bukti kepemilikan tanah ini, akan memberikan kotribusi keperekonomian masyarakat. Apalagi, kedepanya jatah sertifikat untuk warga Loteng akan terus bertambah. “Asal untuk diketahui bahwa program itu tidak ada pungutan biaya,” beber dia.
Pathul juga mengingatkan kepada semua masyarakat penerima PTSL untuk menyimpan sertifikat yang diterima dengan baik. Pasalnya, dengan kepemilikan sertifikat masyarakat bisa terhubung dengan akses permodalan untuk keperluan usaha dan lainnya. “Ini sudah sangat luar biasa,” ujar dia.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lombok Tengah, Lalu Mandra Prawira menyampaikan, pembagian sertifikat gratis ini merupakan program PTSL dari pusat. Sebenarnya untuk program tersebut Loteng mendapatkan jatah sekitar 25 ribu pada tahap awalnya. Namun karena terjadinya gempa sebelumnya, pihanya kembali mendapatkan penambahan sekitar 25 ribu sertifikat. Sehingga total pembuatan sertifikat gratis ini untuk Loteng mencapai 27 ribu lebih.
“Kalau untuk yang dibagikan hari ini (Kemarin,Red) hanya 27 ribu secara simbolis,” katanya.
Dia menuturkan, pemberian sertifikat hak atas tanah itu meliputi program nasional yang menjadi redistribusi tanah, konsolidasi tanah, dan sertifikasi kepemilikan lahan lintas sektor. Dimana program itu merupakan program dari Presiden Jokowi Dodo. Dengan program itu, pihaknya harapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat kedepanya. Sebab sertifikat itu banyak manfaatnya.
“Untuk tahun 2019 mendatang, kami targetkan 40 ribu sertifikat bagi warga Loteng,” targetnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here