Beranda Lombok Barat Sempat Gagal, Revitalisasi Senggigi Dikerjakan 2019

Sempat Gagal, Revitalisasi Senggigi Dikerjakan 2019

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PENATAAN: Salah satu pantai di kawasan wisata Senggigi. Revitalisasi Senggigi rencananya akan kembali dilanjutkan.

LOBAR —Rencana revitalisasi kawasan wisata Senggigi Kecamatan Batulayar, kembali dicanangkan tahun 2019 mendatang. Setelah sebelumnya gagal terealisasi pada tahun ini.
Kepala Dinas Pekerja Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lobar, I Made Arthadana mengatakan, perencanaan untuk revitalisasi sudah ada. Perencanaan itu akan menjadi acuan beberapa dinas terkait dalam melakukan revitalisasi.
“OPD dinas terkait yang berkaitan dengan revitalisasi merencanakan programnya sesuai dengan perencanaan yang dibuat Dinas PUPR. Itu sebagai acuannya. Semua tersentral di Senggigi,”ujar Made yang dikonfirmasi, kemarin.
Selain itu, Dinas PUPR juga bersinergi dengan Balai Jalan Nasional (BJN) dan Balai Wilayah Sungai (BWS). Mengingat di kawasan Senggigi terdapat lintas kewenangan penanganan, agar penataan Senggigi menjadi satu konsep. “Supaya tidak ada yang mempunyai konsep lain lagi,” sambungnya.
Ia menjelaskan, kewenangan BWS untuk pengawasan kawasan banjir wilayah hulu dan saluran pembuangan. Hal itu juga hampir sama dengan BJN yang memiliki kewenangan tersendiri. Sehingga potensi bencana banjir di kawasan wisata Senggigi dapat diminimalisir. “Potensi banjir bisa kita tiadakan, terutama di kawasan Senggigi,” ujarnya.
Selain konsep, sinergi juga berlanjut untuk anggaran. BWS sudah merencanakan penanganan potensi kawasan bencana di 2019. Sedangkan dari Pemkab Lobar masih membahas penganggaran untuk revitalisasi dari APBD 2019.
Anggaran Rp 1,5 miliar rencananya akan digelontorkan. Namun angka tersebut belum dapat dipastikan karena masih dikomunikasi dengan Bappeda. Fokusnya untuk pembangunan drainase dari jalan nasional menuju hotel Killa Senggigi.
Sebelumnya Bupati Lobar, H Fauzan Khalid mengatakan jika revitalisasi itu akan dimulai saat memasuki tahun 2019 mendatang. Hanya saja Fauzan belum mau menyebutkan berapa besaran anggaran untuk revitalisasi itu. Sebab, dalam penataan Senggigi akan turut melibatkan lembaga lain. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here