Beranda Lombok Timur Penjaringan Perangkat dan Kepala Kewilayahan

Penjaringan Perangkat dan Kepala Kewilayahan

BERBAGI
MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA KONSULTASI: Sejumlah Kades saat melakukan konsultasi pada Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa DPMD Lotim, kaitan penjaringan dan penyaringan perangkat desa dan kepala wilayah, kemarin.

LOTIM – Penjaringan dan penyaringan perangkat desa dan kepala kewilayahan atau kepala dusun (Kadus) di Lombok Timur (Lotim), sudah berlangsung sejak September lalu. Kemarin, penjaringan dilakukan di Desa Batu Nampar Kecamatan Jerowaru Lotim. Penjaringan dan penyaringan itu, terus dikawal Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa (Kabid PKD) DPMD Lotim, Lukman Nul Hakim, di ruang kerjanya, kemarin menjelaskan, seleksi atau penjaringan dan penyaringan perangkat desa dan kepala kewilayahan ini, dilakukan terhadap perangkat desa yang lowong.
Perangkat desa yang masa jabatannya habis setelah Undang-undang nomor 6 tahun 2014 diundangkan, dan diangkat atau ditunjuk kembali sebagai Pelaksana Tugas (Plt), mereka cukup dilakukan pengukuhan. Sementara perangkat desa dan kepala wilayah yang Plt-nya dari luar, tidak boleh dilakukan pengukuhan oleh Kades. Melainkan, harus melalui proses penjaringan dan penyaringan.
“Selama desa sudah menetapkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (STOK) pemerintahan desa, boleh desa tersebut melakukan rekrutmen perangkat yang lowong,” jelasnya.
Lanjut Lukman, jumlah perangkat dan kepala wilayah disetiap desa yang melakukan rekrutmen, bervariasi. Mulai dari dua perangkat hingga delapan perangkat. Berapa kebutuhan perangkat masing-masing desa, berdasarkan tipologi desa masing-masing. Tipologi desa di Lotim rata-rata swakarya atau klasifikasi B. Desa tipologi swakarya, bisa mengangkat dua Kepala Urusan (Kaur) tiga Kepala Seksi (Kasi), atau tiga Kaur dan tiga Kasi. “Yang jelas, maksimal umur perangkat dan kepala wilayah yang ikut penjaringan dan penyaringan 42 tahun pada saat penjaringan. Batas waktu penjaringan, 15 Desember mendatang,” tutup Lukman, seraya berharap proses rekrutmen perangkat dan kepala wilayah di Lotim berjalan lancar. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here