Beranda Lombok Timur Pengangkatan Kepala Pasar Tunggu Kebijakan Bupati

Pengangkatan Kepala Pasar Tunggu Kebijakan Bupati

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Salmun Rahman

LOTIM – Sebanyak 37 pasar dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Timur (Lotim). Dari jumlah itu, 22 pasar tipe A dan 15 pasar tipe B. Per 30 Desember ini, sebanyak 37 orang kepala pasar masa kerjanya berakhir. Meski beberapa usulan untuk menjadi kepala pasar sudah ada masuk, namun Bapenda masih menunggu seperti apa kebijakan Bupati. Kaitan dengan pengangkatan dan pemberhentian kepala pasar. “Pengangkatan dan pemberhentian kepala pasar kebijakan Bupati, bukan Bapenda. Yang jelas, sudah kita laporkan per 30 Desember ini, 37 kepala pasar masa kerjanya akan berakhir,” tegas Salmun Rahman, Kepala Bapenda Lotim, kepada Radar Mandalika via ponselnya, kemarin.
“Jumlah usulan sudah masuk dan kami ajukan ke Bupati, ada empat. Yakni pasar Aikmel, Pohgading, Keruak dan Apitaik. Belum lama ini mereka sudah melalui tes,” tambah Salmun.
Ia menjelaskan, masa kerja kepala pasar adalah satu tahun. Meskipun dalam perjalanannya ada terjadi pergantian kepala pasar, pengganti tersebut tetap masa kerjanya sampai Desember. Untuk masa pemerintahan saat ini, belum diketahuinya seperti apa kebijakan diterapkan Bupati. Tidak diketahui, apakah nama-nama yang diajukan itu, mendapat persetujuan atau tidak.
“Siapa yang dianggap layak menjadi kepala pasar, tergantung Bupati. Kami Bapenda, hanya melakukan pembinaan saja,” tandasnya
Acuan pemerintah, apakah layak tidak menjadi kepala pasar antara lain, seberapa besar kemampuan dan komitemen mendatangkan pendapatan. Apakah sesuai target dengan tahun sebelumnya. Apalagi, target pendapatan sektor pasar tahun ini mencapai Rp 12 miliar.
“Tahun 2019, target kita turun dari Rp 12 miliar menjadi Rp 10 miliar. Itu karena terjadi penyesuaian tarif, melihat potensi pasar dan realisasi dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, pernah dilanda bencana,” pungkasnya seraya berharap target 2019 bisa tercapai. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here