Beranda Lombok Utara Pemkab Lanjutkan MoU dengan Massey University

Pemkab Lanjutkan MoU dengan Massey University

BERBAGI
Dok/RADAR MANDALIKA H Najmul Akhyar

KLU —Sebagai upaya pengembangan SDM petani, Pemkab Lombok Utara saat ini membutuhkan bantuan pihak luar. Salah satunya melanjutkan kerjasama dengan Massey University, New Zealand.
“Rencana kita akan perpanjang sampai dua tahun ke depan,” ujar Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, kemarin.
Najmul menuturkan, kerjasama tersebut nantinya masih berkutat pada bidang pertanian. Namun akan dibuatkan dalam program yang berbeda. Meski demikian, tidak mengurangi tingkat urgensi dari program itu sendiri.
Kerjasama seperti ini dinilai Najmul sangat penting. Terutama mengingat kondisi pertanian di Lombok Utara pascagempa lalu. Banyak aktivitas petani yang tersendat karena beragam permasalahan. Salah satunya adalah permasalahan irigasi.
“Pada APBD 2019 kita, banyak program pemulihan kembali irigasi-irigasi yang rusak akibat bencana,” katanya.
Najmul manambahkan terobosan lain juga dilakukan untuk merecovery sektor pertanian. Seperti pembuatan sumur bor di sejumlah titik. Di sisi lain, Pemkab juga harus memberikan treatment yang baik juga terhadap masyarakat. Tujuannya agar masyatakat memanfaatkan lahan kering suapaya bisa jadi produktif. Sebab menurut sejumlah ahli, lahan pertanian di Lombok Utara nampak kering, namun lapisan bawahnya merupakan tanah subur.
“Seperti di Desa Gumantar itu lahan kering yang dialirkan air dengan sistem irigasi tempel, tapi ternyata hasilnya luar biasa,” ulasnya. (dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here