Beranda Headline DD Ditahan, FKD Meradang

DD Ditahan, FKD Meradang

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Sahim SP

Sahim: Yang Rugi Kita Semua

PRAYA—Forum Kepala Desa (FKD) Lombok Tengah mendesak agar Pemkab Lombok Tengah segera melakukan pencairan dana desa (DD) tahap ketiga. Sebab keterlambatan pencairan DD ini akan berpengaruh pada penerimaan DD pada 2019 mendatang.
Ketua FKD Loteng, Sahim mengungkapkan, saat ini alasan Pemkab dalam hal ini DPMD dan BPKAD belum mencairkan DD tahap ketiga kepada puluhan desa yang belum dikarenakan belum tuntasnya tunggakan pajak. Baik pada penerimaan DD tahap pertama maupun yang kedua. Akan tetapi jika dilihat dari segi regulasi, persoalan pajak itu tidak bisa dijadikan alasan untuk menunda pencairan DD tahap ketiga. Karena memang kontek undang-undang yang mengaturnya berbeda. Sehingga menurutnya, Pemkab harus segera mengeluarkan DD kendati tunggakan pajak itu masih ada.
“Kalau melihat penjelasan BPK tadi, cukup pakai SPJ termin satu dan dua dulu,” ujar Kades Nyerot ini usai mengikuti pengarahan dengan BPK RI di Pendopo Bupati Loteng, kemarin.
Jika melihat limit waktu anggaran tahun ini lanjut Sahim, tidak sampai satu bulan. Sehingga jika dipersulit, akan berdampak pada tidak tuntasnya program desa yang sudah jelas tertuang dalam APBDes. Apalagi, beberapa beberapa Kades akan habis masa jabatannya bulan ini.
“Kalau Pemkab tetap ngotot, justru akan menjadi boomerang dan berdampak pada terancamnya penyaluran DD ke Loteng tahun depan dan akan jadi silpa. Jadi yang rugi kita semua,” paparnya.
Hal senada diungkapkan Ketua FKD Batukliang Utara, Moh Ipkan. Kata dia, mestinya Pemkab memikirkan imbas jika pencairan DD tahap ketiga ini terus ditunda-tunda. Terutama untuk memaksimalkan keberlangsungan program yang dibiayai dari sumber dana tersebut. Apalagi, dana ini sudah masuk ke kas daerah. Untuk itu, kata Kades Teratak ini, ia berharap Pemkab tidak mempersulit desa untuk saat ini. Karena jika melihat batas waktu penggunaan dana tersebut, hanya tinggal beberapa hari lagi.
“Kalau terus saja dipersulit, kita atas nama FKD akan menjemput bola agar segera bisa dicairkan,” ancamnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here