Beranda Lombok Barat 297 Cakades Siap Bersaing

297 Cakades Siap Bersaing

BERBAGI
ILUSTRASI

LOBAR —Sebanyak 297 calon kepala desa (Cakades) dari 77 desa harus segera mempromosikan dirinya. Sebab, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dihelat 10 Desember mendatang.
Persiapan untuk pemungutan suara juga dilakukan Pemkab Lobar. Salah satunya memperkuat kepanitiaan. Termasuk menekankan panitia untuk tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkades. “Kita siap gelar Pilkades, karena sudah lakukan berbagai persiapan untuk mematangkan pelaksanaan Pilkades,” kata Kepala DPMD Lobar, Edi Sadikin, kemarin.
Pihaknya bersama panitia Pilkades sudah melakukan rapat membahas persiapan final. Termasuk nantinya mengevaluasi pelaksanaan pemilihan. “Mana saja yang masih kurang ditambah sehingga pelaksanaan Pilkades sesuai dengan aturan,” sambungnya.
Netralitas panitia tetap menjadi penekanannya. Harapannya agar Pilkades yang tinggal menghitung hari itu berjalan lancar tanpa gejolak. Meski demikian, pihaknya mengatensi beberapa tahapan yang rawan terjadi gejolak. Seperti pencoblosan dan penghitungan suara. “Untuk mengantisipasi celah-celah terjadi gejolak, kita meningkatkan koordinasi dengan aparat baik polisi dan TNI. Termasuk TPS rawan juga sudah ksmi antisipasi melalui koordinasi dengan aparat,” bebernya.
Terkait kemungkinan terjadinya sengketa dan gugatan, Edi mengaku sudah membentuk tim penyelesaian sengketa Pilkades serentak. Tim ini akan bekerja melakukan penanganan sengketa, dengan memantau pemilihan dari tahap awal hingga akhir.(win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here