Beranda Praya Metro Warga Mangkung Butuh Sentuhan RTLH

Warga Mangkung Butuh Sentuhan RTLH

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Lalu Samsul Rijal

PRAYA -Warga di Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat hingga sekarang belum tersentuh program Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ). Padahal di desa ini, terdapat ratusan rumah milik warga kondisinya tak layak ditempati.
“Kondisi rumah warga banyak yang memprihatinkan. Tapi masih banyak belum tersentuh,” ungkap Kades Mangkung, Lalu Samsul Rijal yang ditemuai di halaman Kantor Dinas PUPR Loteng, kemarin.
Rijal mengatakan, program untuk pengentasan kemiskinan ini menjadi PR besar bagi pemerintah daerah. Pasalnya, hingga kini berbagai bantuan yang disalurkan pemerintah pusat, belum mampuh menurunkan angka kemiskinan secara signifikan.
“Tidak dipungkiri memang masih banyak warga di desa kami membutuhkan bantuan pemerintah, salah satunya melalui RTLH,” katanya.
Menurut dia, pihaknya dari Pemdes telah berusaha mengajukan hal tersebut ke pemerintah melalui instansi terkait. Namun, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan jawaban. Pihaknya mengajukan program RTLH tahun 2014 lalu, ribuan jumlahnya.
“Tentunya kami selaku pemerintah desa sebagai perpanjangan tanganan pemerintah daerah menjadi ujung tombak untuk menampung seluruh aspirasi warga,” ujarnya.
Selain itu, pertimbanganya juga jumlah warga yang pantas untuk mendapatkan bantuan RTLH itu sesuai pendataan ada sekitar 600 KK di desa setempat. Sebab, kondisi rumahnya memang sudah sangat tidak layak. “Ya, kami harap pemerintah yang di atas dapat memberikan bantuan RTLH,” harap dia. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here