Beranda Praya Metro Tampak Siring Dapat Bantuan Digital Printing

Tampak Siring Dapat Bantuan Digital Printing

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA BANTUAN: Pihak Disperindag NTB saat menyalurkan bantuan digital printing di Desa Tampak Siring belum lama ini.

LOTENG —Kelompok Usaha “SAHABAT” Desa Tampak Siring, Kecamatan Batukliang mendapat bantuan peralatan digital printing dari Dinas Perindustrian NTB. Bantuan ini pun membuat para anggota semakin serius menjalani usaha yang dirintisnya.
Paket bantuan yang diterima Kelompok Usaha “SAHABAT” berupa satu paket peralatan cetak digital senilai Rp 300 juta. Terdiri dari satu set digital printing Machine merk Laysender Maxima PZ model PZ3204, satu set Stabilizer, satu set Personal Computer, satu set Air conditioner (AC) dan satu paket instalasi listrik. Semuanya diberikan percuma. Selain itu, biaya pelatihan dan pendampingan, hingga pengoperasian alat juga sudah diberikan pembinaan dari Dinas Perindustrian NTB.
Ketua Kelompok Usaha Cetak Digital Sahabat, Abdul mengaku sangat optimis memajukan Desa Tampak Siring dengan bantuan peralatan yang diberikan. Terlebih, di desa setempat memiliki para sarjana komputer lulusan perguruan tinggi di Mataram maupun di Jawa yang memiliki kemampuan yang cukup mumpuni.
“Selain itu bahan dan kualitas serta harga yang ditawarkan oleh kami hampir sama dengan percetakan lain. Di satu sisi bantuan peralatan tersebut akan mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat Tampak Siring,” ujar Abdul penuh semangat.
Sebelum mendapat bantuan, pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Diantaranya penyiapan sumber daya manusia (SDM) melalui beberapa kali pelatihan komputer serta desain grafis dan pembentukan kelembagaannya sejak tahun 2015 silam. Dari upaya tersebut, pemerintah tentu cukup terbantu dengan pemberian bantuan peralatan. Dengan adanya mesin cetak digital ini, masyarakat khususnya di wilayah Desa Tampak Siring dan masyarakat Batukliang pada umumnya kini tidak perlu jauh-jauh mencetak spanduk, baliho dan banner ke Praya atau Mataram.
“Apalagi tahun ini adalah tahun politik. Para caleg sangat mebutuhkan tempat mencetak spanduk dan stiker kampanye mereka. Intinya keberadaan percetakan ini sangat mewadahi kebutuhan masyarakat di bidang percetakan,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here