Beranda Headline Pusat Rencana Akan Tambah DD Lagi

Pusat Rencana Akan Tambah DD Lagi

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Jalaludin

PRAYA —Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyambut baik wacana pemerintah pusat atas ditambahnya dana desa (DD) mulai tahun 2019. Pasalnya, dengan demikian, banyak program desa bisa lebih maksimal bisa didanai.
“Untuk penambahan DD memang sudah jelas. Tapi untuk wacana lain itu belum tahu. Baru sekadar informasi yang kita dengar. Tapi syukur kalau benar bisa terealisasi tahun depan,” kata Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) Lombok Tengah, Jalaludin, kemarin

Disampaikan Jalal, sejauh ini pihaknya belum menerima surat edaran (SE) atau regulasi soal beberapa rencana pemerintah pusat tersebut. Karena memang itu baru sebatas wacana dan masih dalam proses penyesuaian regulasi. Baik untuk wacana adanya dana operasional desa, penambahan gaji perangkat desa yang disesuaikan dengan gaji PNS setara golongan II a dan lainnya. Akan tetapi, jika benar bisa terealisasi tahun depan, dirinya berharap bisa diberlakukan awal tahun depan. Agar bisa disesuaikan dengan pagu anggaran yang akan dituangkan di dalam APBDes 2019. Selain itu juga, bisa segera disikapi dan diatur dengan regulasi di daerah.

“Kalau benar ada penambahan dana ke desa, terutama untuk menunjang penambahan gaji Prades. Kita berharap lebih ada payung hukumnya dari pusat,” harapnya.

Akan tetapi, kalaupun realisasinya di pertengahan tahun, Pemkab akan menindaklanjutinya di APBDes perubahan. Agar dana itu bisa dirasakan manfaatnya oleh desa maupun Prades. Tentu, harapanya pembangunan di desa berjalan lebih baik dan sistem pemerintahan dilaksanakan oleh Kades dan Prades dengan sebaik-baiknya. Tanpa harus ada lagi Pemdes yang berurusan dengan aparat penegak hukum karena tersangkut korupsi. Lebih jauh dikatakan mantan Sekretaris DPMD ini, jika melihat keinginan pemerintah pusat melalui besarnya dana yang dikelola desa saat ini, sangat wajar kesejahteraan Prades dan Kades lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, mereka dituntut untuk bekerja semaksimal mungkin dalam segala hal di desa. Baik pelayanan, pendampingan, pembangunan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Tolong kalau kesejahteraannya meningkat kemudian dana yang dikelola juga bertambah, rekan-rekan Kades dan Prades ini maksimalkan pelayanan ke masyarakat,” pintanya. (tar/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here