Beranda Lombok Timur Penggantian Kades Teros Melalui PAW

Penggantian Kades Teros Melalui PAW

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Lukman Nul Hakim

LOTIM – Beberapa bulan setelah dilantik tahap pertama Februari lalu, Kepala Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur (Lotim) meninggal dunia. Untuk pengisian kursi jabatan kades agar defintif, dilakukan Pemilihan Antar Waktu (PAW). Proses PAW ini, sudah berjalan dan disepakati penentuan PAW dilakukan melalui pemilihan langsung.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Kelembagaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lotim, Lukman Nul Hakim, kepada Radar Mandalika, kemarin menjelaskan, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 65 tahun 2017 perubahan atas Permendagri nomor 112 tahun 2017, bahwa PAW bisa dilakukan bila masa jabatan Kades yang meninggal dunia itu lebih dari satu tahun. Sedangkan jabatan yang ditinggal Kades Teros lebih dari empat tahun, sehingga sangat layak untuk dilakukan PAW.
Selain itu, Permendagri tersebut juga dalam mengatur syarat minimal dan maksimal calon dalam PAW. Jumlah calon PAW pada aturan itu, minimal dua calon dan maksimal tiga calon. Artinya, jumlah batas minimal dan maksimal calon PAW kades, tidak sama pada saat Pilkades secara reguler. “Proses PAW ini, harus melalui kesepakatan semua pihak, mulai dari lembaga desa, dan perwakilan tokoh, pemuda serta lainnya. Nanti di sana, apakah disepakati PAW ini melalui pemilihan langsung atau tidak,” tandasnya.
Mengenai proses PAW Kades Teros Kecamatan Labuhan Haji, lanjut Lukman, mereka sepakat PAW dilakukan melalui pemilihan langsung. Tahapan PAW melalui pemilihan langsung di desa itu sudah dilalui. Mulai dari penjaringan calon dan beberapa tahapan lainnya. Sementara kaitan dengan anggaran PAW, tidak dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Sebab, pemilihan langsung itu tanggungjawab desa terkait.
“Nanti setelah pemilihan langsung, SK diterbitkan sebagai Kades definitif,” pungkasnya seraya berharap proses pemilihan langsung PAW Kades Teros berjalan lancar. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here