Beranda Mataram Maling Penutup Saluran Belum Dipolisikan

Maling Penutup Saluran Belum Dipolisikan

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA H Mahmudin Tura

MATARAM —Aksi pencurian besi penutup saluran sedang marak di Kota Mataram. Berawal dari hasil rekaman kamera tersembunyi yang beredar di media sosial (medsos), pencuri sudah beraksi menggondol besi penutup saluran di Jalan Seleparang dan Catur Warga Kota Mataram beberapa pekan lalu. Dengan mudahnya besi dibongkar dan diangkut menggunakan sepeda motor. Maling beraksi saat suasana sepi di malam atau pagi buta.
Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H Mahmudin Tura mengaku belum mendapat laporan tentang hilangnya besi penutup saluran tersebut. Bahkan, ia mengaku baru mengetahui kejadian pencurian itu dari wartawan. “Belum ada laporan,” kata Mahmudin.
Menurut dia, harga penutup saluran itu kisaran Rp 2-3 juta jika terbuat dari besi beton. Diakuinya, yang pernah hilang dahulu adalah jaring beton. Namun kasus itu, sebut Mahmudin, belum ada laporan kembali terjadi. Mengenai adanya kasus terbaru ini, Mahmudin mengaku akan melakukan inventarisir lagi di lapangan. “Sekarang kita konsen angkat sampah di drainase. Tapi nantilah kita lihat dulu,” kata dia.
Adakah rencana melapor ke polisi? Mahmudin mengaku, belum berpikir ke arah sana. “Tidak gampang melapor. Biasanya kalau ilang satu atau dua biji, suruh buat lagi. Nantilah kita cek ke lapangan untuk ketahui ada berapa banyak gril (besi penutup saluran) yang hilang,” ungkapnya.
Setelah diinventarisir, baru Mahmudin berencana membuat laporan ke polisi. Sebagai solusi agar gril tak lagi dicuri, penutup saluran perlu diganti dengan beton sehingga lebih berat. “Solusinya pakai beton. Kalau beton, lubangnya memang sedikit kecil. Kalau gril dibuat jaring,” jelasnya.
Gril tersebut, menurut Mahmudin, terpasang di hampir semua jalan utama. Seperti di Jalan Airlangga, Panjitilar. Bahkan di jalan Catur Warga, penutup saluran itu dipasang pihak provinsi. “Lumayan memang, bisa dijual kiloan,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here