Beranda Praya Metro Adakan Pelatihan dan Pameran

Adakan Pelatihan dan Pameran

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA M Ikhsan

PRAYA —Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah (Loteng), M Ikhsan mengatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan sejumlah strategi dalam memberdayakan dan mendorong pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM). Caranya, dengan memberikan pelatihan dan memberikan kesempatan untuk ikut pameran di luar daerah.

Ikhsan menyampaikan, pihaknya tahun ini akan gencar menggelar pelatihan bagi pelaku UKM di wilayah Loteng. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM pelaku UKM menjadi faktor utama berinovasi dan berkreasi pada pengembangan usahanya sendiri. “Mereka dari sekarang sudah harus disiapkan untuk mampu bersaing kedepannya. Sebab, kedepannya akan datang perusahaan besar di ke KEK Mandalika itu,” katanya, kemarin.
Ikhsan mengungkapkan, pelatihan peningkatan kualitas SDM pelaku UKM, harus dilakukan secara merata kepada semua sektor usaha. Baik dari usaha kerajinan, makanan dan sebagainya. Karena, jika para pelaku UKM sudah mampu dan SDMnya juga meningkat, maka daya saing akan semakin kuat dan mampu menembus pasar yang semakin berkembang kedepannya.
“Permasalahan UKM sulit berkembang selama ini adalah memang karena SDM, kualitas produksi, pemasaran dan pembiayaan,” jelasnya.
Selain pelatihan, kata dia pihaknya juga akan melakukan pendampingan terkait persoalan produksi yang dihasilkan usaha mikro. Mulai dari pemberdayaan kualitas produksinya, pengemasan barangnya hingga memasang branding atau nama usaha yang mudah diingat calon pembeli.
Sehingga, setelah hasil produksi UKM nantinya dinilai pantas untuk dijual hingga luar daerah, mereka pihaknya juga akan menyiapkan fasilitas untuk pameran ke luar daerah. Hanya saja untuk dapat mengikuti pameran, tidak semua pelaku UKM bisa mengikuti, ada proses seleksi yang dilakukan.
“Sebenarnya kita buka untuk umum untuk pemeran itu. Hanya saja mereka yang telah mampu bersaing kita ikutkan,” bebernya.
Ikhsan mengaku, tingginya masyarakat yang menjadi pelaku UKM, tentunya dinilai cukup positif, karena selain mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, juga mampu membangun perekonomian di Loteng. “Pertumbuhan UKM kita bisa bilangkan sudah mulai menjamur,” ujarnya.
Namun besarnya pertumbuhan UKM ini kata dia, tidak dibarengi dengan pengurusan izin usaha. Meski banyak usaha yang sudah memiliki izin, namun dia juga mengakui masih banyak UKM yang belum memiliki izin. Olehnya, dia imbau para pemilik usaha bisa melengkapi izin.
“Jika tidak ada izin usaha, maka untuk mendapatkan bantuan itu sangat sulit,” cetusnya.(jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here