Beranda Lombok Timur 2019, DKP Pengadaan Sampan 3 GT

2019, DKP Pengadaan Sampan 3 GT

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA H Tasywiruddin

LOTIM – Tahun 2019 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lombok Timur (Lotim) akan pengadaan sampan berukuran 3 GT. Jumlahnya, sekitar 14 sampai 15 unit. Sampan itu akan menggunakan mesin tempel 15 PK.

Kepala DKP Lotim, H Tasywiruddin, kepada Radar Mandalika, kemarin mengatakan, harga sampan 3 GT lengkap dengan mesin tempel 15 PK mencapai Rp 80 juta per unitnya. Sampan tersebut agak mahal karena menggunakan kayu, bukan fiber.
Selain akan melakukan pengadaan sampan, juga melakukan pengadaan sejumlah alat tangkap seperti jaring, pancing dan sebagainya. Termasuk, alat bantu penangkapan berupa jaket. “Khusus sampan 3 GT lengkap mesin tempel 15 PK ini, kita upayakan bisa tender akhir Januari nanti karena anggaran masuk APBD. Bantuan sampan ini kita sebar dari utara sampai selatan. Syarat penerimanya, harus sudah ada kelompok,” tegasnya.
Disebutnya, pengadaan kapal 30 GT oleh pusat sejak tahun 2012 sampai tahun ini hanya satu unit. Jumlah itu tidak bisa optimal karena tidak sesuai dengan alat tangkap digunakan nelayan, karena mereka bukan nelayan kapal besar. Ditambah lagi dengan beban biaya operasional cukup tinggi.
Kendala utama dihadapi dalam pengoperasian kapal 30 GT ini sambung Tasywir, proses ijin gross akte maupun ijin berlayar, prosedurnya harus diurus ke pusat. Karena itu, pemberian bantuan kapal 30 GT ini, tidak sejalan dengan target yang diinginkan pusat. Tidak optimalnya pengoperasian kapal 30 GT, karena sejak awal proses pengadaan kapal terkesan dipaksakan untuk menerima spek dan ukuran kapal yang sudah ditentukan pusat. Sebab, tidak semua kelompok nelayan mampu mengoperasionalkan lantaran biaya dibutuhkan cukup besar.
“Ada satu unit di Labuhan Lombok kita alihkan pengelolaannya pada koperasi yang sudah mendapat persetujuan pusat dan sekarang sudah jalan. Sedangkan satu unit lagi di Tanjung Luar, sampai sekarang belum optimal,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here