Beranda Praya Metro Warga Jangan Buang Sampah di Irigasi!

Warga Jangan Buang Sampah di Irigasi!

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Lalu Rahadian

PRAYA —Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lombok Tengah, L Rahadian mengimbau kepada warga agar tidak buang sampah sembarangan. Selain itu, yang paling penting tidak membuang sampah ke saluran irigasi. Hal ini mudah menyebabkan air tak mengalir normal dan menjadi pemicu banjir.
Rahadian menyampaikan, apalagi saat ini masuk musim hujan, jika ini dibiarkan maka akan berdampak fatal bagi warga. “Lihat saja kalau musim hujan pasti air naik ke tengah jalan,” sebutnya, berapa hari lalu.
Rahadian menegaskan, pihaknya mengakui tumpukan sampah di drainase salah satu penyebab banjir di Kota Praya setiap turunnya hujan. Oleh sebab itu, petugas kebersihan selalu diterjunkan dengan kekuatan penuh untuk memangani masalah banjir. “Saya akui akibat tumpukan sampah,” ungkapnya.
Menurutnya, penanganan sampah khususnya di dalam Kota Praya belum maksimal di tangani petugas. Selain minimnya jumlah petugas kebersihan, karena kurangnya kendaraan operasional pengangkut sampah juga penyumbang utama tidak masimalnya sampah di tangani khusus di dalam kota.
“Tenaga dan peralatan yang kurang,” bebernya.
Selain itu, untuk penangan sampah ini pihaknya telah menyediakan alat berat untuk mengangkut sampah dari sungai. Seperti mdi kota Praya sudah disediakan beberapa truk sampah kecil dan sembilan pikap pengangkut sampah. Di samping itu, pihaknya juga menyatakan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here