Beranda Praya Metro Sukaraja Latih Aparatur Desa

Sukaraja Latih Aparatur Desa

BERBAGI
ILUSTRASI

PRATIM —Guna meningkatkan kapasitas aparatur desa, Pemdes Sukaraja, Kecamatan Praya Timur tahun ini melakukan pelatihan penguatan kapasitas. Pelatihan ini ditujukan bagi seluruh aparatur desa.
Kades Sukaraja, Purnama mengungkapkan, penguatan kapasitas aparatur ini merupakan amanat regulasi sebagai bagian dari memperlancar pembangunan di desa. Sebab dalam pengelolaan keuangan desa terutama yang bersumber dari dana dsea (DD), kerap dijumpai kesulitan dalam segala hal. Itu disebkan penafsiran regulasi yang selalu berbeda-beda dan kerap berubah-ubah dari pusat hingga ke daerah. Terutama terkait administrasi pelaporannya. Dengan alasan tersebut, tahun ini Pemdes banyak menggelar pelatihan yang menyasar aparatur desa. Selain itu, pelatihan pengelolaan keuangan desa juga dilakukan. Sasarannya yakni bendahara desa, Kaur Keuangan, Kaur Perencanaan, Sekretaris Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kadus dan anggota BKD.
“Khusus BKD, kita latih Bela Negara,” ungkapnya.
Sementara anggaran dari semua pelatihan ini mencapai Rp 41 juta lebih melalui ADD dan DD. Dikatakannya, pelatihan-pelatihan ini dilakukan untuk memaksimalkan tugas pokok dan fungsi aparatur. Sebab, selama ini masih belum maksimal. Baik dalam merencanakan, menyusun, mengelola, melaporkan, mengawasi dan mengawal keuangan yang dikelola oleh desa. Selain itu, pelatihan ini dilakukan untuk menyajikan aparatur desa yang mumpuni dalam menghadapi tantangan dalam membangun desa.
“Ini tantangan kita semakin hari semakin besar dari segi regulasi. Oleh karena itu, kita berharap output dari pelatihan ini bisa membuat tupoksi aparatur bisa lebih maksimal,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here