Beranda Lombok Timur Seruni Jadi Kampung Tertib Lalin

Seruni Jadi Kampung Tertib Lalin

BERBAGI
MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA SAMBANGI: Kasat Lantas bersama anggota saat berfoto bersama di pos ronda Kampung Percontohan Tertib Lalulintas Seruni.

LOTIM – Kampung Seruni, Kelurahan Selong, Kecamatan Selong Lombok Timur (Lotim), ditetapkan menjadi percontohan kampung tertib lalu lintas. Seruni jadi pilot project satu satunya di wilayah Lotim.

Kasat Lantas Polres Lotim AKP Ryan Faisal SIK, di ruang kerjanya, Sabtu (1/12) lalu menjelaskan, alasan Kampung Seruni dijadikan sebagai pilot project kampung tertib lalulitas, karena dilihat dari penataannya yang sangat bagus. Kemudian kebersihannya terjaga, dan masyarakatnya juga tertib.
Selain itu, jalan di kampung tersebut juga bagus, dan memiliki pos ronda yang aktif. Warga penghuni Kampung Seruni, juga tertib dan kompak. Dibentuknya sebagai kampung percontohan lalulintas oleh Satlantas mendapat dukungan dan sambutan positif tidak saja dari RT setempat. Tetapi juga dari masyarakat setempat. “Jadi, pembentukan kampung tertib lalulintas ini, program dari Kakorlantas Mabes Polri,” jelasnya.
Jika terpilih menjadi pilot project lanjut Ryan, mereka punya tanggungjawab moral untuk tetap disiplin dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas. Tentunya, status itu diharapkan Ryan, bisa dijaga masyarakat setempat. “Di lingkungan itu, kami juga pasangkan beberapa rambu-rambu lalulintas,” tandasnya.
Manakala sukses sebagai percontohan, pihaknya akan melakukan pengembangan ke tingkat kelurahan, dan seterusnya sampai kecamatan. Ia juga berharap, kekompakan dan tertib dalam berlalulintas, bisa ditularkan pada keluarga dan masyarakat lainnya. “Berkaca dari kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) yang menewaskan tiga anak SMP di Masbagik belum lama ini, cukup menjadi pelajaran kita semua sebagai orang tua. Apalagi korban tidak menggunakan helm. Mudah-mudahan itu adalah kasus terakhir menimpa anak-anak kita,” tegasnya.
Belakangan ini guna mencegah angka pelanggaran kasat mata demi menekan angka lakalantas mengakibatkan luka atau meninggal dunia, Satlantas kerap menongkrongi sejumlah tempat parkir sekolah di Lotim. Sasaran awal adalah sekolah dalam kota.
Ketika ditemukan siswa yang tidak menggunakan helm, kunci motornya langsung diamankan. Wali murid siswa yang membawa kendaraan tanpa helm, langsung dipanggil dan diberikan peringatan tegas pertama dan terakhir. “Alhamdulillah, sekarang kesadaran siswa mulai ada menggunakan helm, setelah rutin kita cek. Perlu diingat, ini tanggungjawab orang tua, demi keselamatan anak-anak kita saat berkendara. Terutama penting diawasi saat sudah pulang sekolah. Jangan diawasi saat sekolah saja,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here