Beranda Lombok Utara Realisasi Capai Rp 7,9 Miliar

Realisasi Capai Rp 7,9 Miliar

BERBAGI
Dok/RADAR MANDALIKA H Zulfadli

KLU —Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) di Kabupaten Lombok Utara cukup menggembirakan. Meski dalam situasi bencana, namun angka realisasi pada BPHTB tidak mengalami keterpurukan. Bahkan hingga minggu kedua November lalu, realisasi mencapai Rp 7, 9 miliar.
“Kita targetkan bisa tembus 90 persen sampai Desember mendatang,” ungkap Kepala Bapenda Lombok Utara, H Zulfadli, kemarin.
Diketahui, pada tahun 2018 ini, target terhadap pendapatan daerah dari sektor BPHTB mengalami perubahan dari target murni sebesar Rp 9,2 miliar lebih diturunkan menjadi Rp 8,6 miliar. Penurunan ini pengaruh dari bencana gempa bumi lalu.
“Tapi kita syukuri penurunannya tidak terlalu signifikan,” ujarnya.
Dari angka capaian tersebut kata Zulfadli, berasal dari jumlah transaksi sebesar 797 wajib pajak di Lombok Utara. Yang mana besaran nilai transaksi masing-masing bervariasi. Sementara terhadap realisasi PBB tahun ini, hampir sama dengan BPHTB yakni realisasi mencapai 96 persen dari target Rp 3,3 miliar lebih. Namun demikian target ini mengalami penurunan drastis dari target awal sebesar Rp 10, 1 miliar menjadi Rp 3,3 miliar.
“Untuk PBB SPPT tidak kita cetak semua terhadap wajib pajak. Kecuali mereka yang membayar, karena tahun ini kita berikan keringanan perpanjangan waktu hingga 31 desember dan tanpa denda,” pungkasnya. (dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here