Beranda Lombok Barat Dispensasi Soal Bagi Siswa Korban Gempa

Dispensasi Soal Bagi Siswa Korban Gempa

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA AMBRUK: Salah satu SD di Desa Dopang Kecamatan Gunung Sari yang rusak berat akibatr gempa.

LOBAR —Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) Lombok Barat (Lobar) mengharapkan adanya dispensasi soal bagi para siswa korban gempa. Utamanya saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Dasar (SD).
Permintana itu didasarkan kondisi sejumlah gedung sekolah di Lobar yang rusak. Para siswa harus belajar di sekolah darurat terbuat dari tenda, hingga membuat focus belajar tidak maksimal. Selain tertinggalnya sejumlah mata pelajaran. “Jam 11 mereka sudah kepanasan di sekolah darurat. Kita minta ada dispensasi untuk beberapa sekolah,” ujar Kepala Dikbud Lobar, M Hendrayadi.
Dispensasi itu lebih kepada keringanan soal. Seperti penyusunan soalnya dilakukan oleh daerah atau pihak provinsi, tidak lagi dari pusat.
Namun sampai sekarang, Dikbud belum akan mengajukan dispensasi tersebut. Dikbud akan mengajukan kelonggaran kepada kementerian saat mendekati UNBK dan UNKP mendatang. “Sudah kita usulkan,” katanya.
Sejauh ini, rehab bangunan sekolah yang mengalami rusak tengah dikerjakan, dengan anggaran dari kementerian. Sekolah yang mengalami kerusakan di Lobar sebanyak 62 unit. Sebanyak 14 diantaranya rusak berat. “Kalau yang rusah berat tahun depan perbaikannya,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here