Beranda Headline Sisa Longsor Jalur Sembalun Dibersihkan

Sisa Longsor Jalur Sembalun Dibersihkan

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA NORMAL : Arus lalulintas di jalur Sembalun kembali normal, setelah tim siaga bencana dibantu warga setempat membersihkan material longsor, kemarin.

LOTIM –Sisa bekas longsor Kamis (29/11) lalu di jalur pusuk Sembalun Kecamatan Sembalun Lombok Timur (Lotim), tepatnya dibawah taman bunga, kembali dibersihkan tim siaga bencana dari aparat Polri, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pembersihan juga dibantu masyarakat wilayah setempat, kemarin.
Kapolres Lotim melalui Kapolsek Sembalun, IPTU I Made Sutama menjelaskan, tim siaga bencana turun kembali bersama masyarakat melakukan pembersihan material longsor secara manual. Karena memang, jalur tersebut merupakan jalur satu-satunya jalur yang setiap hari digunakan masyaraat Sembalun, mengangkut hasil pertanian untuk dijual keluar wilayah Sembalun.
“Kami gunakan peralatan seadanya, untuk membersihkan sisa reruntuhan longsor. Sekarang, sudah bisa dilewati kendaraan roda empat,” kata Sutama.
Tidak menutup kemungkinan melihat intensitas hujan diwilayah Sembalun, tempat tersebut akan kembali terjadi longsor. Sebab, saluran air masih tertutup tanah longsor dan bebatuan.
Karena itu sambung Sutama, pihak BPBD diharapkannya bisa menyiagakan alat berat di wilayah Sembalun. Sehingga, ketika terjadi longsor alat berat bisa cepat digerakkan. “Kalau bisa ada alat berat distanbykan pemerintah. Mengingat, musim hujan masih lama. Bisa saja terjadi longsor lagi, sehingga perlu siaga,” tandasnya.
Pada kesempatan itu, pihaknya berhrap masyarakat yang melintasi jalur Suela Sembalun, tetap hati-hati dan waspada dari tanah longsor. Juga harus waspada dari pohon tumbang. Sebab, di jalur Suela sudah terjadi pohon tumbang menutup badan jalan, meski tidak ada korban jiwa ditimbulkan pohon tumbang itu. “Sangat kita harapkan, agar tetap waspada,” imbaunya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here