Beranda Lombok Barat Puskesmas 100 Persen Terakreditasi

Puskesmas 100 Persen Terakreditasi

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PRESTASI: Inilah sertifikat penghargaan yang diterima Lobar dalam bidang kesehatan, kemarin.

LOBAR —Pemkab Lombok Barat (Lobar) kembali menerima penghargaan. Kali ini di bidang kesehatan, Lobar dinobatkan sebagai kabupaten yang memiliki 100 persen puskesmas terakreditasi. Penghargaan diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan diterima Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lobar, H Rachman Sahnan Putra di Kantor Kementerian Kesehatan RI Jakarta, Kamis (29/11).
“Akreditasi ini menjadi alat ukur mutu pelayanan dan standarisasi Puskesmas, serta memberi jaminan kepada masyarakat bahwa layanan yang mereka terima telah terstandarisasi,” ujar Kepala Dikes melalui Kabag Humas Setda Lobar, H Saeful Ahkam, kemarin.
Selain itu, akreditasi juga berfungsi sebagai sarana memperbaiki sistem. Baik itu pelayanan, mutu, dan evaluasi kinerja. Berdasarkan cakupan layanan yang universal, atau Universal Healthy Coverage (UHC).
Apalagi di masa mendatang, Puskesmas harus terus meningkatkan kinerjanya. Terutama dalam pelayanan BPJS, dimana masyarakat bisa memilih untuk dilayani oleh klinik pratama. “BPJS hanya mau bekerjasama dengan Puskesmas yang terakreditasi. Kalau ingin maksimal melayani masyarakat, Puskesmas harus tetap meningkatkan kualitas layanannya yang tercermin dalam akreditasi itu,” jelasnya.
Seperti diatur dalam Permenkes nomor 75 tahun 2016, puskesmas maupun klinik pratama posisinya setara dalam pelayanan BPJS jika terakreditasi. Sehingga keduanya harus meningkatkan kualitas SDM serta sarana prasarananya. “Kita akan terus tingkatkan akreditasinya, terutama kepada Puskesmas yang masih berstatus akreditasi dasar,” pungkasnya.
Di Lobar terdapat 19 puskesmas yang tersebar di 10 kecamatan. Lima diantaranya merupakan puskesmas rawat inap, sisanya 14 puskesmas non rawat inap. Untuk akreditasi, jenisnya terbagi dalam tiga tingkatan. Enam Puskesmas terakreditasi dasar, sembilan madya, dan sisanya terakreditasi utama. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here