Beranda Praya Metro Kabar Jadup dan Huntara Lenyap

Kabar Jadup dan Huntara Lenyap

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Sahirudin

BATUKLIANG —Kabar pemberian bantuan uang tunai dalam program jaminan hidup (Jadup) dan hunian sementara (huntara) bagi korban gempa di sejumlah desa di Kecamatan Batukliang kini tidak terdengar lagi. Atas persoalan ini, Kades Peresak, Sahirudin menuturkan, Pemdes selaku abdi masyarakat tidak ingin hanya mendapatkan janji belaka untuk menuntaskan masalah huntara dan jadup tersebut. Dari itu, pihaknya berupaya dengan hearing ke Dinas Perkim janji tersebut ditindaklanjuti.
“Kami sudah hearing agar 102 KK yang sedang dalam tahap verifikasi itu bisa dibantu. Kami yakin warga cukup memenuhi syarat mendapatkan bantuan,” ujar Sahir.
Meski Pemkab belum memastikan kapan dana Jadup dan Huntara itu akan keluar, ia berharap APBD-P nanti bisa dianggarkan.
“Kita masih sama-sama menunggu kabar dari Pemkab. Kami sangat menantikan pembuatan rekening seperti desa lainnya, tapi di Desa Peresak tidak ada sama sekali,” bebernya.
Ditegaskan, lantaran dana bantuan huntara dan jadup yang tak kunjung dicairkan, warga berusaha memperbaiki rumah dengan bahan seadanya dengan dinding bedek. Meski demikian, pihaknya bakal tetap menagih realisasi bantuan ini ke setiap korban jiwa.
Di sisi lain, pihaknya mengaku bakal memperhatikan kondisi warga agar tidak mudah kena iming-iming mendapat bantuan dari organisasi masyarakat (Ormas) tertentu yang mensyaratkan akan ada pemotongan dengan nominal tertentu. Sebab pola itu akan membuat masyarakat miskin tercekik dan harus mencari pinjaman uang untuk memenuhi kelengkapan material pembangunan rumah.
“Kita cukup mengusulkan agar masyarakat yang layak mendapatkan bantuan Huntara dan Jadup bisa mendapatkan haknya,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here