Beranda Headline Jalur Wisata Sembalun Longsor

Jalur Wisata Sembalun Longsor

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA LONGSOR : Jalur wisata Sembalun di bawah Pusuk yang mengalami longsor karena hujan lebat, sore kemarin.

LOTIM – Jalur wisata Sembalun Kecamatan Sembalun Lombok Timur (Lotim) tepatnya di bawah taman bunga, mengalami longsor. Longsor terjadi karena intensitas hujan cukup lebat, dan material tanah dan bebatuan menutupi jalan. Kejadiannya, sekitar pukul 12.00 Wita, kemarin.
Informasi dihimpun Radar Mandalika, hujan yang menggerus tanah berkumpul dan bebatuan, membuat akses jalan sempat tertutup. Akibat kejadian itu, para pengendara yang datang dari arah atau menuju Sembalun, tidak bisa melintas.
Dari kejadian tersebut, Polisi dan TNI dibantu masyarakat dan para pengendara yang melintas, langsung melakukan pembersihan secara manual. Pembersihan manual dilakukan memakan waktu hingga dua jam. Sehingga sekitar pukul 15.00 Wita, jalan tersebut langsung bisa dilewati para pengendara.
Kapolsek Sembalun, IPTU I Made Sutama saat dikonfirmasi membenarkan terjadi longsor di jalur Sembalun, karena hujan cukup lebat. Tidak ada kerugian materi maupun korban jiwa, ditimbulkan dari longsor tersebut. “Sekarang, arus lalulintas sudah normal kembali,” terangnya.
Ia mengungkapkan, setelah pembersihan manual dan kendaraan bisa melintas. Pembersihan material longsor secara tuntas, menggunakan alat berat yang didatangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Sudah ada alat berat datang, untuk melakukan pembersihan, sekaligus perbaikan bekas longsor,” tandas Sutarman.
Karena intensitas hujan di wilayah itu tetap tinggi, pihaknya mengimbau para pengendara yang melintasi Pusuk Sembalun, untuk tetap berhati-hati. Khawatir, terjadi longsor susulan karena hujan lebat. “Kami imbau masyarakat terutama pengendara agar tetap berhati-hati dan waspada,” imbaunya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here