Beranda Headline PPP Dukung Aplikasi PAKEM

PPP Dukung Aplikasi PAKEM

BERBAGI
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak aplikasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM). (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

JAKARTA – Aplikasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) yang dibuat Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta dinilai sangat bagus. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengontrol aliran menyimpang di Indonesia.
“Saya kira itu bagus untuk pengawasan, bukan dalam konteks kontrol ketat,” ujar Baidowi kepada JawaPos.com, Rabu (28/11).
Menurut Baidowi, aplikasi tersebut menunjukkan pemerintah betul-betul ingin menjaga keutuhan NKRI. Sebab, PAKEM bisa mengantisipasi munculnya paham-paham anti-Pancasila.
“Artinya pemerintah dalam hal ini kejagung berkepentingan menjaga keutuhan NKRI dari paham-paham yang anti-Pancasila,” katanya.
Anggota Komisi II DPR ini mengatakan, organisasi kemasyarakatan (ormas) ataupun aliran kepercayaan tak perlu khawatir dengan aplikasi PAKEM ini. Karena pemerintah tidak akan berbuat macam-macam sepanjang ormas atau aliran kepercayaan itu tidak menyimpang dari Pancasila.
“Aliran kepercayaan ataupun ormas tak usah khawatir sepanjang aktivitasnya sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku. Apa yang dilakukan pemerintah sifatnya pencegahan‎,” pungkasnya.
Sekadar informasi, Juru Bicara PSI, Guntur Romli mengatakan, partainya menolak aplikasi PAKEM. ‎”Sikap PSI soal aliran kepercayaan masyarakat harus dikedepankan dialog bukan penghakiman,” ujar Guntur Romli.
Mereka khawatir, aplikasi ini berpotensi memicu persekusi oleh kelompok-kelompok garis keras. Namun, menurut Kasipenkum Kejati DKI Nirwan Nawawi, aplikasi ini nantinya bisa dimanfaatkan warga untuk melaporkan ormas atau aliran kepercayaan yang dianggap menyimpang.
(gwn/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here