Beranda Lombok Timur Langkah AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK Ciptakan Kamtibmas di Lotim

Langkah AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK Ciptakan Kamtibmas di Lotim

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK

Bentuk Timsus Cegah Jatanras Jelang Natal dan Tahun Baru

Membentuk Timsus, langkah lain Kapolres Lotim untuk menekan angka kejahatan di Lombok Timur. Timsus digerakkan setiap malam, melakukan patroli wilayah dan penyekatan titik rawan kejahatan.

MUHAMAD RIFA’I – LOTIM
LOMBOK TIMUR, salah satu Kabupaten yang cukup luas dan memiliki jumlah penduduk tertinggi di NTB. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,3 juta jiwa lebih, tentu dalam hal menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) hanya mengandalkan aparat penegak hukum saja. Atau hanya mengandalkan pemerintah. Tanpa ada kerjasama baik dari masyarakat. Pada umumnya, dari sisi tindakan kriminal daerah ini banyak didominasi kejahatan konvensional. Sehingga, dibutuhkan kebersamaan dalam mencegah kejahatan konvensional itu.
Berkaca dari pengalaman sebelumnya, setiap musim panen hasil bumi, jelang tahun baru dan lainnya, kerap terjadi tindakan kriminal tiga C yakni Pencurian Dengan Kekerasan (Curas), Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor).
Sementara dua tahun terakhir, masyarakat disibukkan dengan pesta demokrasi, mulai dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, dan segera menyusul Pemilihan Umum (Pemilu) serentak. Yakni Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Artinya, aparat penegak hukum bersama unsur lainnya, tentu akan lebih keras lagi berpikir bagaimana membangun Kamtibmas di wilayah ini.
Dalam menciptakan Pemilu damai, aman dan sejuk, Polisi beberapa pekan terakhir sedang melakukan penggalangan, dengan melakukan deklarasi d itingkat kabupaten, sampai tingkat bawah. Deklarasi pemilu damai itu sedang berjalan di 21 kecamatan yang ada.
Salah satu langkah lain, terutama membangun Kamtibmas jelang natal dan tahun baru, tak terkecuali jelang menghadapi gawe nasional. Kapolres Lotim, AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK, membentuk Tim Khusus (timsus). Terdiri dari Brimob, dan satuan Polisi lainnya. Jumlah personel yang tergabung dalam Timsus itu, sebanyak 60 orang.
Selain menggerakkan Timsus yang sudah dibentuk, juga memberdayakan jajaran Polsek yang ada, supaya bisa mengelola situasi keamanan di wilayah masing-masing. Apalagi, Kapolsek bisa melakukan pemetaan titik rawan kejahatan, terutama di saat musim panen, atau menjelang hari-hari besar.
Timsus yang sudah dibentuk itu, tujuannya untuk menekan angka kejahatan dan cipta kondisi utamanya saat ini menjelang akhir tahun. Setiap malam, Timsus bergerak keliling mengantisipasi kejadian tiga C, yang menimpa masyarakat. Tidak itu saja, untuk mengantisipasi terjadinya peredaran narkotika. “Mudah-mudahan, pelaksanaan natal dan tahun baru, angka kejahatan cenderung menurun,” ucapnya seraya berharap kerjasama baik masyarakat, sama-sama menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here