Beranda Kriminal Terjerat Narkoba, Oknum ASN Terancam Dipecat

Terjerat Narkoba, Oknum ASN Terancam Dipecat

BERBAGI
ILUSTRASI

LOBAR —Seorang oknum aparatur sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Lombok Barat (Lobar) terjerat kasus Narkoba. ASN berinisial YA yang bekerja di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar ini ditangkap aparat Polda NTB, belum lama ini.
Kepala DLH Lobar, HL Surapati membenarkan adanya bawahannya yang diketahui sebagai supir truk pengangkut sampah itu tertangkap kasus narkoba. Namun ia belum bisa menjelaskan detail lokasi penangkapan, karena akan mengecek lebih jauh terkait hal itu ke jajarannya. “Iya (benar), menurut informasi begitu,” katanya, Senin (26/11).
Surapati mengatakan, YA bukan kali pertama ini berurusan dengan hukum. Sebelumnya AY pernah tersangkut kasus pencurian dan baru keluar dari jeruji besi. Oknum tersebut diketahui tetap masuk kantor.
Diakui, pengawasan terhadap jajarannya tetap berjalan secara berjenjang. Namun disadarinya, peningkatan pengawasan memang perlu dilakukan. Menyikapi kasus ini, Surapati mengatakan akan bertindak tegas. Bahkan mengusulkan pemecatan oknum YA ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) jika terbukti bersalah. “Bila perlu ditindaktegas, tapi kami perlu konsultasi ke BKD dulu,” imbuhnya.
Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Lobar, Suparlan mengaku sudah mengambil tindakan dengan memberhentikan sementara YA. Surat pemberhentian itu berdasarkan surat penahanan atas oknum tersebut. “Surat penahan itu jadi dasar kita,” ujarnya, kemarin.
Kasus ini telah disampaikannya keBupati dan Sekda Lobar. Dengan pemberhentian sementara itu, otomatis gaji YA hanya pada bulan terakhir diterima. Ancaman pemecatan siap diberikan jika yang bersangkutan terbukti bersalah.
Sikap tegas akan terus dilakukan BKD untuk mencegah terjadinya hal serupa. Termasuk tu bagi pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan terancam dipotong tunjangannya. “Tahun depan kita mulai,” imbuhnya. (win/r3)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here