Beranda Lombok Utara Kementan Salurkan Rp 5,5 Miliar untuk Infrastruktur Pertanian

Kementan Salurkan Rp 5,5 Miliar untuk Infrastruktur Pertanian

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA BANTUAN: Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar didampingi Wakil Bupati Sarifudin saat menyerahkan bantuan kepada salah satu kelompok tani, kemarin.

KLU —Kementerian Pertanian (Kementan) RI akhirnya mengucurkan bantuan dana untuk perbaikan sarana pertanian untuk Lombok Utara senilai Rp 5,5 miliar. Dana yang disalurkan melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) KLU itu untuk pembenahan irigasi dan lahan tanam padi.
“Selain untuk irigasi, juga untuk pembenahan sarana lainnya bagi pertanian. Dana ini untuk perbaikan saluran irigasi 32 kelompok tani di KLU. Sekalian itu juga bantuan safrodi untuk 200 hektare petani penanam padi dan rumah potong sapi dan kandang untuk pasar hewan,” jelas Kepala DP2KP Lombok Utara, Melta.
Dia menuturkan bahwa untuk irigasi saja total anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Dimana bantuan tersebut tidak diserahkan langsung kepada DP2KP KLU namun ditransfer ke rekening masing-masing petani. Bahkan termasuk hadiah untuk kelompok tani berpestasi dan juara kontes peternakan dan pertanian.
“Jadi semuanya langsung ke petani,” tegasnya.
Sementara itu, Bupati KLU, H Najmul Akhyar mengaku bantuan tersebut sangat membantu petani di KLU. Pascagempa lalu meski tidak stagnan, namun ada perlambatan yang terjadi pada petani di KLU. Hal tersebut dikarenakan banyak saluran irigasi yang rusak.
“Selain itu semangat petani bertani saat itu down,” sambungnya.
Ia melanjutkan, ini menjadi bagian dari ikhtiar membangkitkan kembali semangat masyarakat KLU. Sebab bertani menjadi salah satu cara untuk melakukan recovery ekonomi di KLU. Sehingga perlu upaya penggeliatan kembali semua yang ada di bidang pertanian, salah satunya dengan adanya bantuan tersebut.
“Karena sebagian besar ekonomi warga kita ada di pertanian, jadi jangan sampai itu terlupakan,” jelasnya.
Sementara di bidang peternakan, berbagai upaya juga dlakukan untuk membangkitkan semangat para peternak, ada banyak penghargaan diberikan di bidang peternakan. Mulai dari kontes sapi Bali yang menampilkan sisi eksotis atau keindahannya. (dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here