Beranda Headline Bakal Cakades Jalani Tes Tulis

Bakal Cakades Jalani Tes Tulis

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA TES: Para bakal Cakades dari 7 desa di Lobar mengikuti tes seleksi tertulis di Aula Kantor DPMD Lobar, kemarin.

LOBAR —Sebanyak 20 bakal calon kepala desa (Cakades) dari 7 desa mengikuti seleksi tertulis di tingkat panitia kabupaten, kemarin. Tes dilakukan karena mereka memiliki skor sama di tingkat desa. Sehingga dilakukan seleksi tertulis sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tujuh desa itu adalah Langko, Keru, Kebun Ayu, Kediri, Krama Jaya, Presak, dan Batu Mekar.
Selama dua jam, para bakal Cakades itu mengerjakan 100 soal yang disiapkan panitia kabupaten. Tes di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Barat (Lobar) ini, dipastikan dilakukan secara transparan. Pemeriksaan jawaban tes langsung dilakukan peserta lain selepas tes. Sehingga hasilnya bisa diketahui hari itu juga oleh para bakal Cakades.
“Transparasinya luar biasa karena langsung diproses,” ujar bakal cakades Langko, Mawardi.
Salah satu Kadus Desa langko ini memperoleh nilai tertinggi dari seluruh peserta tes. Hasil ini menunjukkan elektabilitas maupun kapabilitas dari bakal Cakades.
Sementara itu, Kasi Pemerintah Desa (Pemdes) DPMD Lobar, Suhamdi mengatakan, hasil tes akan diserahkan kepada panitia Pilkades tingkat desa. Nantinya, panitia desa yang akan memutuskan penetapan calon Kades dari hasil seleksi tertulis itu. “Kita hanya mengantarkan nama dan nilai peserta dari hasil tes itu ke panitia desa masing-masing. Karena yang tahu kuota masing-masing ya panitia desa,” ungkapnya.
Tes ini seharusnya diikuti 21 bakal Cakades. Namun, salah satu peserta tidak datang mengikuti tes dengan alasan mengundurkan diri. Dari hasil tes itu tidak ditemukan nilai bakal Cakades yang sama. “Kalau ada yang sama, kita sudah siapkan alternative untuk tes lagi,” sambungnya.
Setelah tes ini, panitia di tujuh desa akan menetapkan para calon kadesnya. DPMD memberikan waktu paling lambat hingga Rabu (28/11) mendatang untuk penetapannya. “Memang waktunya sudah sangat mendesak, tapi masih ada kesempatan,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here