Beranda Headline Nasabah Untung, Agen pun Untung

Nasabah Untung, Agen pun Untung

BERBAGI
MURNA/RADAR MANDALIKA SOSIALISASI: Sonni Abdillah, Manager Laku Pandai Kantor Bukopin Pusat (baris belakang, lima dari kanan), Umar Hasni, Kepala Cabang Bank Bukopin Mataram (Sebelah kanan Sonni Abdillah) bersama sejumlah calon agen Laku Pandai Bukopin pose bersama di Mataram, Sabtu (24/11).

Bukopin Tawarkan Program B-Tunai

MATARAM—Bukopin melakukan langkah jemput bola untuk menarik minat masyarakat menabung di bank. Bank yang berdiri sejak 1970 ini mengajak masyarakat dengan meluncurkan program Laku Pandai bernama layanan B-Tunai.
Manager Laku Pandai Kantor Bukopin Pusat, Sonni Abdillah menjelaskan, layanan B-Tunai ini salah satu cara Bukopin mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni program Laku Pandai. Selain itu program B-Tunai ini sangat mudah diakses masyarakat, bahkan yang hidup di pedesaan. Program ini pengembangan dari loket payment point online bank (PPOB) atau pembayaran multifungsi secara online. Seperti pembayaran listrik, pulsa, asuransi, transfer uang, pembukaan tabungan hingga kredit mikro.
“Loket B-Tunai ini mempermudah warga, terutama di pedesaan, untuk mengetahui dan mengakses layanan perbankan. Jadi gak perlu ke bank-nya langsung kalau mau nabung. Tidak perlu pakai baju rapi dan antre pula,” katanya.
Di sisi lain, semua masyarakat bisa menjadi agen Laku Pandai. Modalnya hanya smartphone dan kuota. Melalui smartphone, agen bisa mengakses langsung jika nasabahnya hendak menabung, mentransfer atau tarik tunai tabungannya.
“Jadi untuk nasabah, bisa mengakses jumlah tabungannya melalui *141*4#. Di sana tersedia lengkap mengenai informasi nasabah karena nomor yang didaftarkan itu sudah terkoneksi langsung dengan Bukopin. HP nasabah juga bebas, HP jadul juga bisa yang penting aktif,” paparnya.
Adapun membuka rekening di Bukopin sangat mudah dan bebas biaya administrasi. Hal ini ditegaskan marketing Laku Pandai Kantor Bukopin Pusat, Sarah widyanita. Membuka rekening di Bukopin melalui B-Tunai, tak ada potongan apa pun. Tidak ada saldo minimal. Nasabah yang ingin menabung atau menarik uang sebesar Rp 10 ribu saja, agen B-Tunai akan melayani.
“Tujuan kami memang mengedukasi masyarakat,” tandasnya.
Sedangkan keuntungan bagi agen, setiap kali nsabahnya transaksi, baik transfer, nabung maupun tarik tunai, agen akan mendapatkan fee Rp 2 ribu rupiah. Sedangkan bagi keuntungan tetap, yakni Rp 20 ribu rupiah per dua minggu persatu nasabah.
“Jadi tinggal dikalkulasikan jumlah nasabah masing-masing agen. Nasahah untung, agen juga untung,” tukasnya. (abi/mr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here