Beranda Praya Metro Akan Bina Koperasi di Desa

Akan Bina Koperasi di Desa

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA M Ihksan

PRAYA -Kepala Dinas Koperasi dan KUKM Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), M Ihksan menyatakan, pihaknya akan terus memotivasi pertumbuhan perekonomian kerakyatan melalui koperasi dan home industri, terutama di perdesaan.
“Secara terprogram kami akan terus melakukan pembinaan kepada kelompok masyarakat,” katanya tegas, beberapa hari yang lalu.
Ikhsan mengatakan, koperasi itu merupakan sebagai pilar perekonomian, pemerintah daerah akan selalu mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk membentuk dan mendirikan dan koperasi. Dengan harapan, melalui koperasi ini akan lebih meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tergabung sebagai anggota koperasi. Ia mengaku, sampai saat ini banyak koperasi di Loteng yang mati suri. Belum jelas kepengurusannya.
“Untuk koperasi yang mati suri, kami akan melakukan pendataan ulang,” paparnya.
Dia mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada sejumlah koperasi yang hingga sampai saat ini masih tetap eksis. Pihaknya juga berharap, pertumbuhan koperasi pada tahun mendatang akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya.
“Untuk mewujudkan pencapain ini, diperlukan adanya dukungan dari seluruh komponen masyarakat dan instansi pemerintah lainnya,” jelas dia.
Tidak hanya itu lanjutnya, dia juga akan mendorong pertumbuhan sentra usaha kerajinan, makanan, dan hasil produksi masyarakat lainnya, terutama bagi unit unit usaha kerajinan tangan yang banyak tumbuh dan berkembang di daerah pedesaan.

Sementara itu, Kepala Desa Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah, Mansur mengatakan jika melihat sekarang harga kebutuhan untuk pertanian yang kian tinggi. Memang koperasi setiap desa menjadi solusinya.
“Saya sangat setuju bila koperasi atau KUD yang ada ini diperjuangkan untuk hidup kembali,” tuturnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here