Beranda Lombok Barat 23 Kepala OPD Akan Ikut Job Fit

23 Kepala OPD Akan Ikut Job Fit

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H Moh Taufiq

LOBAR —Sebanyak 23 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lombok Barat (Lobar) akan ikut job fit. Jelang mutasi tahap II yang diperkirakan akan dilakukan akhir 2018 mendatang. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, H Moh Taufiq, job fit bukan untuk menonjobkan pejabat. Melainkan melihat kecocokan antara pejabat eselon II dengan jabatan yang kini ditempatinya. “Ini menjadi bahan untuk melakukan mutasi, baik 2018 maupun 2019,” ungkapnya, kemarin.

Fit job akan dilakukan mulai 29 November sampai 5 Desember 2018. Penerapan job fit pernah dilakukan sekitar tahun 2016, namun versi Taufiq, job fit baru kali ini diterapkan. “Itu kan sekian tahun yang lalu. Sekali lagi kita melakukan job fit,” ujarnya.
Pertimbangan mengapa job fit perlu dilakukan, karena telah dilakukan evaluasi pada beberapa OPD. Hasil evaluasi, perlu ditempatkan pejabat yang sesuai dengan keterampilan, kemampuan dan sebagainya. Sehingga kinerja OPD tersebut bisa semakin baik. “Kita lakukan job fit untuk menyesuaika. Bukan untuk menonjobkan atau menurunkan jabatan seseorang,” tegasnya.
Sebelum job fit, tim pansel akan segera dilakukan. Selain melakukan wawancara kepala OPD, tim juga akan turun langsung menanyakan kepada staf dan bawahan di OPD masing-masing. Hal itu gunamengetahui keseharian dan bagaiaman kepemimpinan pejabat di mata bawahan. “Supaya kita mendapat kepala OPD yang benar-benar sesuai,” sambungnya.
Ia mengungkapkan, dari hasil pengamatan pejabat pembina kepegawaian (PPK) terdapat beberapa OPD yang prestasinya perlu dievaluasi. Selain terdapat kepala OPD yang sudah terlalu lama menjabat. Job fit akan diikuti 23 kepala OPD, terkecuali enam pejabat yang baru mengisi jabatan lowong beberapa waktu lalu. “Kan ada baru yang dilantik, Tidak mungkin ikut job fit, karena baru dilantik 3 bulan lalu,” jelasnya.
Ia kembali membantah anggapan jika job fit sebagai alasan untuk memindahkan pejabat semau hati. Job fit sudah sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Karenanya akan dikoordinasikan dengan Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Kita mau mengerjakan sesuai aturan terus dicurigai,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here