Beranda Lombok Timur Bansos Belum Masuk Kas Disos

Bansos Belum Masuk Kas Disos

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Izzuddin

LOTIM – Dana Bantuan Sosial (Bansos) bagi korban gempa bumi, dan banjir bandang wilayah selatan hingga saat ini belum masuk rekening Dinas Soial (Disos) Lombok Timur (Lotim). Namun Disos memastikan, pekan ini dana Bansos itu akan masuk kas Disos. Kemudian disalurkan kepada penerima. “Minggu ini dana masuk di Disos. Kita rencanakan akan launching di Sembalun,” kata Izzuddin, Sekretaris Disos Lotim, di kantornya kemarin.
Jumlah penerima dana santunan bagi korban gempa sebanyak 26.215 Kepala Keluarga (KK), dan 267 KK korban banjir bandang wilayah selatan. Masing-masing korban gempa mulai dari rusak berat sampai rusak ringan, mendapatkan jatah Rp 1 juta, sementara korban banjir bandang Rp 3 juta. “Minggu ini dana santunan itu sudah masuk, untuk kita langsung bagi pada semua penerima,” janjinya.
Sementara sampai saat ini, data penerima Jaminan Hidup (Jadup), tak kunjung selesai. Disos mengaku masih melakukan sinkronisasi data dengan tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Penyesuaian data dilakukan karena terdapat format baru yang harus diselesaikan dan dilengkapi di tingkat kecamatan.
Hasil Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pusat beberapa waktu lalu di Mataram, Disos Lotim bersama Lombok Utara serta Sumbawa, diberikan batas waktu data penerima dalam bentuk proposal harus klir sampai Desember mendatang. Artinya, Disos memiliki waktu cukup banyak untuk terus melakukan perbaikan data penerima. Disos diklaimnya terus bekerja maksimal menyelesaikan data tersebut. Sehingga, per Januari Jadup bisa didistribusikan pada para penerima. “Sampai hari ini belum bisa kita tentukan berapa jumlah penerima Jadup karena masih perbaikan data. Karena penerima Jadup per jiwa bukan per KK. Masing-masing Rp 10 ribu per jiwa,” tandasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here