Beranda Lombok Utara TNI Serahkan 10 Unit RISHA

TNI Serahkan 10 Unit RISHA

BERBAGI

KLU —Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) TNI melakukan serah terima pembangunan hunian tetap (Huntap) kepada Pemkab Lombok Utara, kemarin. Serah terima dilakukan di Dusun Temuan Sari, Kecamatan Bayan.
Komandan Kogasgabpad TNI, Mayor Jenderal Madsuni melakukan serah terima berupa 10 Huntap jenis RISHA tahan gempa kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Semeret 1, Dusun Temuan Sari Desa Akar Akar Kecamatan Bayan. Bangunan ini dikerjakan langsung bersama prajurit TNI.
“RISHA ini diselesaikan dalam 10 hari dan dilakukan oleh 10 prajurit. Ini sebagai percontohan bagi masyarakat lainnya,” ujarnya.
Ia berharap, setelah RIHSA ini dibangun, banyak masyarakat yang ikut membangun kembali rumah-rumah tahan gempa seperti yang dilakukan TNI.
“Sejak tiga bulan, kami melakukan penanggulangan. Mulai dari pengobatan bagi masyarakat, membersihkan puing-puing bangunan rumah dan lainnya,” ulasnya.
Sementara atas bantuan ini, Kepala Desa Akar Akar, Akarman menyampaikan apresiasi kepada Kogasgabpad dan anggota. Sebab menurutnya bantuan Huntap ini sangat berarti bagi masyarakat yang saat ini masih tidur di tenda darurat.
Sementara itu, Sekda KLU, Drs H Suardi memaparkan, Lombok Utara merupakan daerah paling banyak rumah yang mengalami rusak berat. Namun hal ini diimbangi dengan banyaknya bantuan yang disalurkan sejumlah lembaga, relawan maupun pemerintah pusat.
“Dengan bantuan itu, semua kami bisa menatap kehidupan mendatang lebih baik. Banyak dinamika yang kami hadapi termasuk responsif menyikapi bantuan stimulan pemerintah pusat,” ujas Sekda.
Dengan kehadiran TNI sendiri di Lombok Utara, Suardi merasa sangat terbantu. Mulai dari gempa pertama sampai berakhirnya tugas Poskogasgabpad di Gumi Tioq Tata Tunaq.
“Tentu kami tidak bisa membalasnya. Meskipun hari ini tugas Kogasgabpad berakhir, namun kami berharap ke depannya kita bisa bertemu dan saling membantu kembali,” harapnya. (dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here