Beranda Praya Metro Awas, Malaria Mulai Mengintai

Awas, Malaria Mulai Mengintai

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA MEMANTAU: Kapolsek BKU, IPTU I Komang Ronoka saat memantau lingkungan sekitar rumah warga Desa Teratak, Jumat lalu.

BKU —Pemerintah Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara mengajak semua warga mulai membersihkan lingkungan. Terlebih memasuki musim penghujan seperti saat ini. Dimana ancaman wabah penyakit malaria dan wabah penyakit lainnya mengintai.
Sekdes Teratak, Samsul Mujahidin mengatakan, saat ini warga setempat masih banyak yang tinggal di tenda pengungsian. Dari itu Pemdes saat ini mulai turun ke sejumlah untuk dusun untuk ikutserta mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan masing-masing.
“Desa Teratak memiliki 12 dusun. Tapi untuk saat ini Dusun Keluncing dan Montong Dao jadi prioritas karena di sana paling banyak rumah warga yang terkena dampak gempa dan warga masih tinggal di tenda,” ujar Samsul.
Selain MCK dan kali, warga juga diajak membersihkan gorong-gorong dan selokan. Selain itu memangkas rumput liar, hingga membersihkan pekarangan masing-masing. Semua dilakukan serentak dan diikuti antusias oleh warga.
Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Teratak, Mariono menambahkan, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini melibatkan semua unsur, mulai dokter, perawat, karyawan, Polsek, Bhabinkamtibmas, hingga masyarakat sekitar.
“Ini jadi antisipasi kita menghindari malaria, sehingga kita harap tidak ada laporan ada warga yang terkena penyakit ini. Kan lebih baik mencegah,” tuturnya.
Sementara itu, Sekcam BKU, Kaharudin mengimbau semua desa, UPTD Puskesmas, hingga Puksesmas Pembantu (Pustu) mengajak masyarakat bersih-bersih lingkungan. Terlebih bagi kader kesehatan di masing-masing posyandu juga harus bergerak mengawal kegiatan ini secara bersama-sama.
“Apalagi desa yang berdekatan dengan hutan seperti DesaSetiling, Aik Berik, Karang Sidemen, dan Lantan harus mengantisipasi sebaik mungkin,” ajaknya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here