Beranda Lombok Utara DPKP Siapkan Ratusan Juta

DPKP Siapkan Ratusan Juta

BERBAGI

KLU —Pascabencana gempa bumi lalu, Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (DPKP) Lombok Utara mengusulkan anggaran APBD-P untuk program pemulihan yang sekaligus recovery ekonomi masyarakat. Kabarnya, DPKP akan menganggarkan Rp 560 juta untuk pengadaan bibit ikan lele dan patin, sekaligus perbaikan sarana prasarana (sarpras) yang mengalami kerusakan.
Sekretaris DPKP KLU, Samsul Rizal menuturkan, gempa lalu menghancurkan banyak sarpras perikanan, termasuk kolam untuk budidaya. Untuk mendukung pembudidayaan tentu memerlukan sarpras yang memadai. Sebab itu pihaknya harus segera melakukan penggantian sarpras tersebut.
“Seperti mesin air rusak, makanya akan kita ganti,” ujarnya.
Dibeberkan Rijal, dari akumulasi kebutuhan dana, pada anggaran perubahan ini sebesar Rp 300 juta untuk perbaikan sarpras tersebut. Anggaran ini berasal dari APBD-P 2018 di luar anggaran Rp 560 juta untuk pengadaan bibit. Masing-masing sarpras diperkirakan membutuhkan anggaran Rp 150 juta.
Pengadaan bibit dan perbaikan sarpras tersebut bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di KLU. Untuk kelompoknya sebanyak 400 KK yang berdasarkan BDT Bappeda KLU. Sasarannya adalah pemberdayaan kelompok gender dan ibu rumah tangga di daerah pesisir.
Ditambahkan, nama-nama kelompok sudah didata. Ada sekitar 200 kolam disediakan yang menggunakan fiber. Pemilihan fiber karena lebih tahan lama dan harganya yang hanya beda tipis dengan terpal.
Ratusan kolam yang disediakan tersebut diyakini akan mampu memecahkan rekor produksi provinsi. 200 kolam dikalikan 10 ribu bibit bisa menghasilkan sedikitnya 2 juta ekor ikan dan udang. Hal ini tentu memberikan penghasilan cukup besar pada kelompok nantinya.
“Satu bulan bisa menghasilkan Rp 3 juta,” tandasnya.
Ia menambahkan, bantuan kolam dan pembibitan tersebut tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi. Budidaya tersebut juga untuk pemenuhan kebutuhan umpan pancing dan juga wisata kuliner. Sehingga dengan upaya-upaya ini bisa kembali membangkitkan usaha masyarakat dan perekonomian pun bisa normal. (dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here