Beranda Lombok Timur Buser Rontokkan Tiga Pelaku Curas

Buser Rontokkan Tiga Pelaku Curas

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA BEKUK: Ketiga kawanan Curas yang dilumpuhkan karena melawan, usai mendapat perawatan medis akibat luka tembak lantaran melawan saat ditangkap, kemarin.

LOTIM – Tiga pelaku Pencurian dengan Kekerasan (Curas) dibuat tak berdaya oleh tim Buru Sergap (Buser) Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Lombkk Timur (Lotim). Ketiganya dilumpuhkan menggunakan peluru tajam pada bagian betisnya, karena mencoba melakukan perlawanan saat ditangkap, kemarin.
Ketiga pelaku Curas ini, MS alias Amat 42 tahun asal Dusun Senger Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra, SA alias Baok 35 tahun asal Dusun Dasan Kangkek Desa Semaya dan FE alias Lewak 32 tahun asal Dusun Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur.
Ketiga pelaku yang digulung di tempat berbeda-beda ini, kerap melakukan aksi Curas di wilayah Sakra. Kawanan ini beraksi tidak bertiga, melainkan jumlahnya empat orang pada malam hari. Mereka merangsek masuk rumah korban, dengan cara mendobrak pintu. Setelah berhasil masuk, kemudian menodongkan pisau di leher setiap korbannya, agar korban tidak teriak meminta tolong pada warga sekitar.
Kawanan inu, meminta para korban melepaskan emas yang dikenakan. Termasuk, menggasak isi rumah berupa barang berharga lainnya seperti handphone, televisi, uang tunai dan lainnya.
Aksi kawanan tersebut pada Tempat Kejadian Perkara (TKP) pertama menggondol dua buah Hp, 1 kalung emas seberat 10 gram, 1 TV LED, 1 DVD dan uang tunai Rp 2 juta. TKP kedua, membawa kabur 3 Hp, 1 gelang emas seberat 8 gram, sepasang sepatu milik korban dan uang tunai Rp 3 juta. Sedangkan di TKP ketiga, membawa 2 Hp, uang tunai Rp 19 juta, 1 timbangan, dan 1 tas pinggang milik korban. Hasil kejahatan, dibagi sesuai dengan peran masing-masing saat beraksi.
Usai meringkus MS alias Amat dan melumpuhkannya, Buser langsung melakukan pengembangan. Alhasil, dua buruan berhasil dicokok pada tempat berbeda di wilayah Sakra. Akibat perbuatannya berontak saat ditangkap, sehingga peluru muntah dari sarangnya dan menembus betis mereka.
Kapolres Lotim, melalui Kasat Reskrim, AKP Joko Tamtomo SIK membenarkan Buser merontokkan tiga dari empat pelaku Curas, yang kerap beraksi diwilayah Sakra itu. Satu pelaku inisial SA, saat ini sedang menjalani masa tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Selong.
Dari kawanan itu berhasil diamankan barang bukti seperti 2 buah TV LED, 1 tas pinggang, sepasang sepatu, 1 buah timbangan, 3 buah parang yabg digunakan kawanan ini beraksi dan 7 buah handphone. “Semua pelaku adalah residivis dalam kasus Curas maupun Curat. Kami bersama jajaran, masih terus melakukan pengembangan barang bukti di beberapa TKP,” tegas Joko.
Pada kesempatan itu, pihaknya mengimbau masyarakat Lotim tetap waspada, dengan cara rutin melakukan ronda malam. Sehingga, wilayah tempat tinggal masyarakat tetap aman, dari para pelaku 3C yakni Curas dan Curat dan Curanmor. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here