Beranda Mataram BPJS Terus Menambah Cakupan Kepesertaan

BPJS Terus Menambah Cakupan Kepesertaan

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Muhammad Ali

MATARAM —Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Mataram sudah mencapai 85 persen dari populasi penduduk. Atau sebanyak 363 ribu dari 424 ribu penduduk Kota Mataram.
Kepala BPJS cabang Mataram, Muhammad Ali mengatakan, pihaknya tetap berupaya mencapai kepesertaan semesta di tahun 2019. “Melihat progres pendaftaran dalam beberapa waktu tahun terakhir, peserta mandiri terjadi peningkatan,” kata Ali di kantor Wali Kota Mataram, kemarin.
Harapannya, terus terjadi peningkatan peserta mandiri atau perorangan. Sehingga di tahun 2019 bisa tercapai kepesertaan semesta. “Kita juga mengupayakan melihat segmen peserta mana yang bisa berkontribusi besar dalam waktu yang singkat. Semisal dari segmen penerima bantuan iuran (PBI),” jelasnya.
Untuk itu, dia mengharapkan pemda mampu menaikkan jumlah masyarakatnya yang ditanggung atau didaftarkan pemda. Tidak sebatas dari kalangan fakir miskin. Tetapi juga dari segmen masyarakat yang bersedia didaftarkan pada kelas III, bisa menambah jumlah PBI yang bersumber dari APBD.
Kemudian pekerja penerima upah. Semisal dari segmen swasta, badan usaha maupun tenaga-tenaga pegawai tidak tetap (PTT) di instansi pemerintah, bisa berkontribusi untuk mempercepat cakupan kepesertaan di suatu wilayah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here