Beranda Lombok Barat Pariwisata Diprediksi Bangkit April 2019

Pariwisata Diprediksi Bangkit April 2019

BERBAGI

LOBAR —Upaya mengembalikan geliat dunia pariwisata pascagempa, terus dilakukan Pemkab Lobar. Salah satunya dengan menggelar berbagai event pariwisata.
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar, H Ispan Junaidi menyakini,a pariwisata Lobar baru akan pulih seutuhnya April 2019 mendatang. Apalahi jika melihat angka kunjungan wisatawan hingga November ini belum terlalu meningkat signifikan. “Saya tidak bisa berbicara ideal. Tapi harapan kita 2019,” katanya, kemarin.
Menurutnya, hingga bulan November ini angka kunjungan wisatawan masih di bawah 500 orang atau 30-40 persen. Namun Ispan tetap yakin, dari sejumlah event yang sudah dan akan digelar pasti mempengaruhi kunjungan wisatawan. Hanya saja, dampaknya mungkin tak dirasakan sekarang, namun tahun depan. “Seperti Mekaki Marathon besar pengaruhnya, baik kepercayaan pemerintah untuk investasi, maupun steakholder lain yang membangun. Pasti (ada pengaruhnya),” sambungnya.
Terkait target, Bupati Lobar H Fauzan Khalid justru memprediksi, pariwisata kembali normal November ini. Sebaliknya, Ispan nampaknya tidak terlalu yakin. Sebab menurutnya, recovery itu bukan hanya butuh kesiapan di dinas saja. Namun jugapelaku wisata, baik hotel maupun travel agen. “Mudah-mudahan November (bisa bangkit), cuma kita tidak bisa terlalu ideal. Kita tetap bergaung juga, kecuali kita berdiam diri. April 2019 terget,” tegasnya.
Sampai saat ini, sejumlah hotel di Senggigi belum sepenuhnya beroperasi normal. Salah satu yang sudah beroperasi adalah Hotel Montana. Okupansi hotel yang buka pada Oktober itu sudah meningkat sekitar 30 persen. “Ada peningkatan tapi belum signifikan,” kata General Manager (GM) Montana, Binang Odi Alam.
Meski berbagai event terus digelar Pemkab Lobar hingga jelang libur Natal dan tahun baru di Desember, belum terlihat peningkatan bookingan kamar. Ia optimistis, semuanya akan kembali normal di April 2019 mendatang. “Kalau saya pribadi yakin April,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here